Ahad 10 Sep 2023 11:26 WIB

Mudahnya Buka Rekening BNI di Luar Negeri, Cukup Pakai Mobile Banking

BNI permudah pembukaan rekening di luar negeri hanya menggunakan KTP.

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nora Azizah
Membuka rekening BNI di luar negeri hanya melalui mobile banking dan KTP nasabah.
Foto: Dok. BNI
Membuka rekening BNI di luar negeri hanya melalui mobile banking dan KTP nasabah.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI selalu berupaya memberikan kemudahan bagi nasabah dan untuk mengakses layanan keuangan, termasuk bagi calon nasabah yang ingin membuka rekening saat berada di luar negeri. Pembukaan rekening baru PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI dapat dilakukan secara online melalui mobile banking.

Republika.co.id berkesempatan melihat langsung calon nasabah yang akan membuka rekening PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI di kantor BNI Amsterdam. Sejumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Amsterdam tengah mendaftar untuk menjadi nasabah baru bank milik negara tersebut.

Baca Juga

Rahma, mahasiswi University of Amsterdam, mengungkapkan pengalamannya membuka rekening PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI. Ini merupakan rekening Indonesia pertamanya.

"Proses pembukaan rekeningnya cukup mudah, hanya dengan 10 menit kita sudah bisa menjadi nasabah BNI," kata Rahma kepada Republika.co.id.

 
photo
Membuka rekening BNI di luar negeri hanya melalui mobile banking dan KTP nasabah. - (Dok. BNI)
 

Mahasiswi jurusan politik ini tidak mengalami kendala apa pun saat mengikuti proses pembukaan rekening melalui aplikasi. "Mudah sekali, cuma pakai KTP sudah langsung jadi nasabah," katanya.

Perempuan asal Bandung ini mengatakan, ia memilih PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI karena layanan yang ditawarkan cukup lengkap. Selain itu, PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI juga memiliki kantor cabang di Amsterdam yang akan memudahkannya jika mengalami kendala dalam bertransaksi selama menempuh studi di negara tersebut.

"Kalau ada apa-apa, kesulitan transaksi, bisa langsung nyamperin kantor BNI di Amsterdam, nggak perlu nunggu pulang ke Indonesia dulu," katanya.

Pengalaman Rahma diamini Reggy (21 tahun). Proses pembuatan rekening baru PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI tidak memakan waktu lama. Hanya mengisi data dan foto KTP, dalam 10-15 menit, Reggy telah sah menjadi nasabah PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI.

"Tadi sempat dibantu (petugas BNI), tapi sebetulnya nggak butuh bantuan juga karena prosesnya cepat dan tinggal nunggu kartu ATM diaktivasi," ujar mahasiswa S1 jurusan keuangan tersebut.

Reggy memilih BNI karena proses verifikasinya yang ia nilai lebih efisien. PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI memanfaatkan platform Whatsapp untuk proses verifikasi One Time Password (OTP) yang menurut Reggy sangat membantu nasabah yang berada di luar negeri.

Bank lain, katanya, masih ada yang pakai platform SMS untuk mengirimkan kode verifikasi. "Kalau pakai SMS suka delay atau biayanya lebih besar, kalau pakai Whatsapp jadi instan dan bisa daftar kapan saja," ucap Reggy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement