Senin 21 Aug 2023 20:56 WIB

Avanza-Veloz Pimpin Toyota Raih Penjualan 5.796 Unit di GIIAS 2023 

Pesanan kendaraan elektrifikasi Toyota selama GIIAS 2023 naik 10 kali lipat.

Pengunjung melihat Toyota All New Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) seusai diluncurkan di sela acara pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang Banten, Kamis (10/8/2023). Kehadiran All New Alphard Hybrid sebagai salah satu mobil ramah lingkungan merupakan wujud komitmen Toyota sebagai perusahaan mobilitas menghadirkan produk elektrifikasi yang lengkap dan selaras dengan kebutuhan konsumen dalam upaya mendukung kebijakan netralitas karbon guna mencapai Nett Zero Emission secara global pada 2060 mendatang.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pengunjung melihat Toyota All New Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV) seusai diluncurkan di sela acara pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang Banten, Kamis (10/8/2023). Kehadiran All New Alphard Hybrid sebagai salah satu mobil ramah lingkungan merupakan wujud komitmen Toyota sebagai perusahaan mobilitas menghadirkan produk elektrifikasi yang lengkap dan selaras dengan kebutuhan konsumen dalam upaya mendukung kebijakan netralitas karbon guna mencapai Nett Zero Emission secara global pada 2060 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—PT Toyota-Astra Motor (TAM) membukukan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 5.796 selama berlangsungnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Selama event berlangsung antara 10–20 Agustus 2023, duo generasi terbaru Avanza – Veloz memimpin penjualan dengan SPK 1.213 unit (20,9 persen). 

Vice President PT TAM Henry Tanoto mengatakan di tempat kedua SPK terbanyak disusul All New Kijang Innnova Zenix 823 unit (14,2 persen) dengan komposisi varian Hybrid mencapai di atas 80 persen. “Kemudian dilanjutkan oleh model low cost green car Calya 816 unit (14,1 persen) dan All New Agya 648 unit (11,2 persen), serta produk terbaru All New Alphard 382 unit (6,6 persen),” kata Henry dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Baca Juga

Henry berterima kasih atas kepercayaan pengunjung GIIAS 2023 yang telah menjadikan Toyota sebagai kendaraan pilihannya di event GIIAS 2023. “Semangat Toyota untuk menghadirkan beragam carbon neutral mobility solution dengan membawa formasi lengkap Electrified Vehicle (xEV) di GIIAS 2023, ternyata hasilnya melampaui ekspektasi kami dan berkontribusi besar pada penjualan yang membuktikan bahwa kendaraan ini semakin dikenal dan diminati masyarakat,” ucapnya.

Melihat kepercayaan dan antusiasme pelanggan yang tinggi, Henry berharap perekonomian nasional dan industri otomotif akan tumbuh semakin kuat ke depannya, sekaligus mempercepat langkah menuju masyarakat netralitas karbon.

Di arena GIIAS 2023, melalui strategi Multi Pathway, Toyota memperkenalkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap kepada masyarakat Indonesia, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV). 

Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan partisipasi Toyota di event GIIAS 2023 lebih dari sekadar memasarkan berbagai jenis kendaraan yang sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih luas. Tidak hanya kendaraan yang lebih aman dan nyaman, tapi juga ramah lingkungan sesuai visi masa depan yang berkelanjutan serta menyediakan layanan dan infrastruktur pendukung yang lengkap. 

“Seperti fasilitas charging baterai BEV dan PHEV secara gratis yang telah ada di 30 outlet Toyota dan akan terus bertambah. Melalui It’s time for everyone, Toyota berharap semua upaya yang dilakukan sanggup meningkatkan kontribusi masyarakat untuk mengurangi emisi karbon di masa depan,” tutup Anton.

Disertai oleh program promo yang sesuai kebutuhan pelanggan, menurut Henry, varian elektrifikasi mendominasi komposisi penjualan pada model-model yang memiliki opsi tipe dengan teknologi elektrifikasi. Seperti All New Kijang Innova Zenix Hybrid mencatat SPK sebanyak 658 unit dengan komposisi 80 persen, All New Alphard Hybrid terjual 305 unit dengan komposisi 80 persen.

Begitu pula, All New Yaris Cross Hybrid dipesan 222 unit dengan komposisi 80 persen, Toyota BZ4X 5 unit, dan RAV4 PHEV GR Sport 3 unit, dengan total SPK kendaaran elekrifikasi Toyota sebanyak 1.255 unit atau 22 persen dari seluruh penjualan Toyota selama pameran GIIAS 2023 berlangsung. Angka ini naik signifikan lebih dari 10 kali lipat dibanding GIIAS tahun lalu di angka 114 unit.

Henry mengatakan Toyota juga melakukan pengembangan Flex-Fuel Technology untuk kendaraan Toyota dengan mesin pembakaran internal (ICE) yang saat ini masih menjadi pilihan utama masyarakat. Corolla Cross Hybrid bersama Fortuner yang sudah 100 persen kompatibel dengan bahan bakar Bioetanol (E100), mengundang perhatian pengunjung main booth Toyota, bersama concept car Corolla Cross yang sanggup menggunakan BBM hidrogen murni (H2). 

Semua model ICE terbaru telah dirancang supaya dapat memakai bahan bakar Bioetanol (E10) dengan mudah tanpa perubahan apapun. Secara berkelanjutan, Toyota mengajak pelanggan untuk memberikan kontribusi lebih besar guna mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan menekan emisi karbon dalam mobilitas sehari-hari.

Sementara itu, untuk booth Toyota Commercial, Rangga Concept menjadi primadona pengunjung bermodalkan fleksibilitas untuk dikonversi sesuai kebutuhan pelaku usaha. Commercial Concept Car yang mengusung DNA Toyota Kijang Pick Up ini, siap mendukung segala macam aktivitas bisnis mulai dari UMKM, corporate hingga public services, dengan menggunakan basis ladder frame IMV yang sudah teruji ketangguhannnya di berbagai model seperti Hilux & Fortuner.

Meskipun belum ada versi produksi massal, tidak kurang dari 200 pelanggan dari berbagai sektor bisnis menyatakan minat untuk menjadi pembeli pertama Rangga Concept, dan lebih banyak lagi yang tertarik kepada model commercial terbaru ini. Toyota memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk berkolaborasi dalam pengembangan desainnya dengan mengikuti Toyota Rangga Concept Digimodz Contest di website www.ranggaconceptdigimodz.com berhadiah total Rp 130 Juta untuk para pemenang.

Booth dan produk Toyota memperoleh berbagai penghargaan dari penyelengara dan pengunjung GIIAS 2023. Di antaranya adalah, penghargaan booth terbaik untuk luas area lebih dari 2.000 m2, serta penobatan Rangga Concept sebagai Special Exhibit Commercial Vehicle yang mampu bersaing dengan mobil-mobil komersial lainnya yang tidak kalah menarik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement