Senin 17 Jul 2023 14:19 WIB

Sukses Museum Patah Hati, MahakaX Perkuat Bisnis Instalasi Kreatif dan Experiential Event

Experiential event membantu menghadirkan pengalaman yang unik ke target market.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Ruangan di Museum Patah Hati, Chillax Sudirman Jakarta yang menampilkan konsep ruangan dan warna-warnanya cerah. Museum Patah Hati memberikan pengalaman bagi pengunjung untuk mengeksplorasi kedalaman rasa patah hati dengan cara yang unik dan menarik.
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Ruangan di Museum Patah Hati, Chillax Sudirman Jakarta yang menampilkan konsep ruangan dan warna-warnanya cerah. Museum Patah Hati memberikan pengalaman bagi pengunjung untuk mengeksplorasi kedalaman rasa patah hati dengan cara yang unik dan menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MahakaX membuktikan kesuksesannya memadukan kekuatan kreativitas, media dan teknologi lewat instalasi kreatif dan experiential event yang memberikan pengalaman relevan dan juga menghibur bagi audiens. Hal ini terefleksi dari Museum Patah Hati (MPH) yang beberapa minggu ini viral di media sosial dan menarik antusiasme yang tinggi dari pengunjung.

Chief Creative Officer (CCO) mahakaX, Ishak Reza, memastikan creative experiential event seperti ini bisa menjadi solusi pemasaran brand yang lebih fresh, efektif, kreatif dan inovatif. Experiential event membantu mereka menghadirkan pengalaman yang unik ke target market yang tepat dengan konteks yang relevan. Sehingga konsumen memiliki kedekatan tersendiri dengan brand dan berujung pada peningkatan penjualan produk.

Baca Juga

Saat ini menurut Reza, jumlah brand semakin banyak namun atensi konsumen terhadap brand semakin menurun. Sehingga mereka harus terus berlomba-lomba ‘mengambil hati’ konsumen agar selalu diingat, dipilih dan dibeli. Oleh karena itu, creative experiential event seperti Museum Patah Hati bisa menjadi solusi marketing yang fresh sehingga brand dapat memberikan pengalaman yang unik; tidak hanya melalui instalasi kreatifnya yang digelar secara offline tapi juga social conversation-nya di digital dan media sosial.

"Semua ini dibungkus dengan tema Patah Hati; sebuah konteks yang sangat relevan khususnya di kalangan Milenial dan Gen Z yang merajai populasi produktif di Indonesia,” ujar Reza kepada media dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023).

MahakaX, lanjut Reza, akan terus berkolaborasi dengan berbagai kreator lokal, publik figur, komunitas hingga pelaku bisnis untuk terus menghadirkan lebih banyak entertainment dalam bentuk creative experiential event; tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Inisiatif ini juga dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif nasional melalui kolaborasi dan dukungan ekosistem mahakaX untuk kreator-kreator lokal.

Sebuah studi dari EMI & Mosaic yang mensurvei lebih dari 1.600 perusahaan besar menunjukkan bahwa 84 persen percaya bahwa bagi perusahaan mereka, experiential marketing sangat penting dan berdampak. Oleh karena itu, mahakaX mendorong penerapan creative experiential event sebagai terobosan kreatif dalam melakukan brand marketing. Terobosan ini tidak hanya untuk ditujukan sebagai solusi untuk brand tapi juga untuk menggerakan industri ekonomi kreatif nasional.

Selebriti sekaligus investor di MPH, Vidi Aldiano, pun sependapat bila experiential event seperti MPH adalah langkah strategis untuk menyasar generasi muda serta memaksimalkan customer experience. Menurutnya, instalasi yang memadukan teknologi dan kreativitas menjadi kebutuhan Gen Z saat ini dan membuka peluang bagi para brand untuk mengkomunikasikan idenya secara personal.

“Menurutku ini cara yang kreatif untuk mendorong semuanya ke ranah digital  karena hampir semua, termasuk generasi muda sekarang pun sudah bisa dan sangat mudah akses informasi-informasi digital. Jadi, support banget sama mahakaX yang dulunya media konvensional, sekarang udah leading towards digital dan bekerja sama dengan kita,” ungkap Vidi. 

Reza menambahkan, inisiatif-inisiatif mahakaX akan terus berkembang seiring dengan perkembangan media dan teknologi yang pesat. Creative experiential event seperti Museum Patah Hati akan terus berlanjut ke tema-tema lain seperti horor hingga taman bermain untuk keluarga yang sudah kita canangkan sampai dengan tahun depan. 

"Dengan kolaborasi erat dengan brand, kreator lokal dan media digital, kita ingin terus menghadirkan lebih banyak hiburan untuk masyarakat Indonesia dengan konsep kreatif yang relevan dan menghibur, kualitas produksi yang baik dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati berbagai kalangan,” ujarnya.

Tercatat hingga saat ini, pengunjung MPH telah mencapai puluhan ribu untuk merasakan secara langsung suasana dan nostalgia yang menyenangkan walaupun masuk dalam pengalaman Patah Hati. Museum Patah Hati adalah Intellectual Properties (IP) dari mahakaX yang mengangkat tema Patah Hati ke dalam bentuk Instalasi kreatif dan experiential event.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement