Sabtu 15 Jul 2023 23:44 WIB

Wamenkeu: Rehabilitasi Mangrove Dapat Tingkatkan Kesejahteraan

Pada ekosistem mangrove dapat dikembangkan tambak bandeng, udang, dan kepiting.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

REPUBLIKA.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA -- Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menilai program rehabilitasi mangrove dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga program tersebut harus terus didukung bersama.

"Program rehabilitasi mangrove bukan hanya sekadar menanam, tetapi menghubungkan bagaimana kesejahteraan masyarakat bisa ditingkatkan," katanyadalam konferensi pers usai kunjungan kerja ke daerah rehabilitasi mangrove di Desa Muara Badak Ulu dan Desa Salo Palai, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga

Maka dari itu, ia mengapresiasi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), pemerintah daerah, provinsi, kabupaten, kota, hingga desa, yang telah berhasil melakukan rehabilitasi mangrove di Kabupaten Kutai Kartanegara. Bahkan, kepala desa di wilayah tersebut memiliki visi mangrove bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lebih lanjut, hingga membuat wisata mangrove.

Menurut Suahasil, kesejahteraan masyarakat bisa ditingkatkan dengan program rehabilitasi mangrove melalui pengetahuan yang diberikan oleh BRGM, yang terus mencari berbagai cara dan metode baru agar mangrove bisa tumbuh dan berkembang. Pada saat yang bersamaan, di dalam ekosistem mangrove tersebut terdapat pula pengembangan tambak bandeng, udang, dan kepiting.

"Jadi mangrovenya tumbuh, kesejahteraan masyarakatnya juga berkembang," ujarnya.

Beberapa waktu terakhir, dia menjelaskan pemerintah memang menggencarkan rehabilitasi mangrove di seluruh Indonesia. Dengan demikian, diharapkan berbagai langkah yang telah dilakukan BRGM bisa menjadi model dalam melakukan rehabilitasi mangrove dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah Indonesia yang lain.

Percepatan rehabilitasi mangrove merupakan upaya memulihkan ekosistem mangrove, terutama dalam kegiatan mitigasi perubahan iklim. Pohon mangrove mampu menyerap karbon sebanyak 3-5 kali lipat lebih besar dari hutan tropis daratan.

Potensi mangrovejuga berkontribusi dalam pencapaian Nationally Determined Contributions (NDC) 2030, sehingga Pemerintah Indonesia melakukan percepatan rehabilitasi mangrove melalui pembentukan BRGM.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement