Selasa 11 Jul 2023 09:15 WIB

Foxconn Hengkang dari Bisnis Patungan Chip Semikonduktor di India

India mengharapkan pasar semikonduktornya bernilai 63 miliar dolar AS pada 2026.

Warga melintas di dekat gedung berlogo Foxconn di Shanghai, Selasa, 4 Juli 2023.
Foto:

Wakil Menteri TI Rajeev Chandrasekhar mengatakan keputusan Foxconn tidak berdampak pada rencana India. Ia menambahkan bahwa kedua perusahaan adalah investor berharga di negara tersebut.

Dia mengatakan itu bukan tugas pemerintah untuk menyelidiki mengapa atau bagaimana dua perusahaan swasta memilih untuk bermitra atau memilih untuk tidak.

Pemerintah India mengatakan tetap yakin dapat menarik investor untuk pembuatan chip. Micron bulan lalu mengatakan akan menginvestasikan hingga 825 juta dolar AS dalam pengujian chip dan unit pengemasan, bukan untuk manufaktur. Dengan dukungan dari pemerintah federal India dan negara bagian Gujarat, total investasi akan menjadi 2,75 miliar dolar AS.

India mengharapkan pasar semikonduktornya bernilai 63 miliar dolar AS pada tahun 2026. Pada tahun lalu, India menerima tiga aplikasi untuk mendirikan pabrik di bawah skema insentif 10 miliar dolar AS.

Ini berasal dari usaha patungan Vedanta-Foxconn, IGSS Ventures yang berbasis di Singapura dan konsorsium global ISMC, yang menghitung Tower Semiconductor sebagai mitra teknologi.

 

Proyek ISMC senilai 3 miliar dolar AS juga terhenti, karena Tower diakuisisi oleh Intel. Sementara rencana 3 miliar dolar AS lainnya oleh IGSS juga dihentikan karena ingin mengajukan kembali aplikasinya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement