Selasa 04 Jul 2023 12:27 WIB

China akan Batasi Ekspor Bahan Pembuatan Chip

Pembatasan mengharuskan eksportir meminta izin untuk mengirim galium dan germanium.

Kementerian Perdagangan China mengumumkan akan mengendalikan ekspor beberapa logam yang banyak digunakan dalam industri semikonduktor.
Foto: EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO
Kementerian Perdagangan China mengumumkan akan mengendalikan ekspor beberapa logam yang banyak digunakan dalam industri semikonduktor.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kementerian Perdagangan China mengumumkan akan mengendalikan ekspor beberapa logam yang banyak digunakan dalam industri semikonduktor. Ini menjadi info terbaru dalam perang yang meningkat atas akses ke microchip berteknologi tinggi antara Beijing dan Amerika Serikat.

Kontrol, yang menurut China ditujukan untuk melindungi keamanan dan kepentingan nasional, akan mengharuskan eksportir untuk meminta izin untuk mengirimkan beberapa produk galium dan germanium.

Baca Juga

Langkah untuk mengelola ekspor unsur-unsur langka yang diklasifikasikan Beijing sebagai strategis, dilakukan ketika Washington mempertimbangkan pembatasan baru pada pengiriman microchip berteknologi tinggi ke China, menurut laporan media.

Amerika Serikat (AS) dan Belanda juga akan memberikan pukulan satu-dua kepada pembuat chip China musim panas ini dengan membatasi lebih lanjut penjualan peralatan pembuat chip, sebagai bagian dari upaya untuk mencegah teknologi mereka digunakan untuk memperkuat militer China.

Kontrol China, yang berlaku mulai 1 Agustus, akan berlaku untuk delapan produk terkait galium, yaitu galium antimonida, galium arsenida, logam galium, galium nitrida, galium oksida, galium fosfida, galium selenida, dan indium galium arsenida.

Mereka juga akan berlaku untuk enam produk germanium, yaitu germanium dioksida, substrat pertumbuhan germanium epitaxial, ingot germanium, logam germanium, germanium tetraklorida dan seng germanium phosphide.

Eksportir harus melalui prosedur untuk mendapatkan izin ekspor, kata kementerian perdagangan China dalam sebuah pernyataan. Siapa pun yang mengekspor produk ini tanpa izin dan mereka yang mengekspor melebihi volume yang diizinkan akan dihukum, katanya.

Germanium juga digunakan dalam teknologi inframerah, kabel serat optik, dan sel surya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement