Jumat 23 Jun 2023 16:27 WIB

Citilink Setop Penerbangan Padang-Kuala Lumpur, Sumber Yakin tak Terimbas

Penerbangan langsung Padang-Kuala Lumpur bisa diakses dengan Air Asia.

Sektor pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) tidak terlalu terimbas akibat pemberhentian layanan penerbangan internasional Padang-Kuala Lumpur oleh maskapai Citilink.
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Sektor pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) tidak terlalu terimbas akibat pemberhentian layanan penerbangan internasional Padang-Kuala Lumpur oleh maskapai Citilink.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) tidak terlalu terimbas akibat pemberhentian layanan penerbangan internasional Padang-Kuala Lumpur oleh maskapai Citilink. Citilink dilaporkan menghentikan penerbangan langsung Padang-Kuala Lumpur setelah beroperasi sejak Desember 2022.

"Sampai saat ini kunjungan wisatawan dari Malaysia masih seperti biasa, tidak terimbas oleh pemberhentian layanan Citilink," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, di Padang, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan untuk penerbangan internasional Padang-Kuala Lumpur, wisatawan masih bisa menggunakan maskapai Air Asia, Maskapai ini membuka penerbangan tiga kali sepekan.

Menurutnya, Malaysia memang menjadi salah satu pasar potensial pariwisata Sumbar. Hampir 80 persen jumlah wisatawan asing yang datang ke Sumbar setiap tahun berasal dari negeri jiran tersebut.

Akses penerbangan langsung menjadi faktor pendukung utama untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Berdasarkan pengalaman, kata Luhur, tanpa adanya penerbangan langsung, jumlah wisatawan asal Malaysia berkurang signifikan.

Hal itu pernah terjadi saat penghentian penerbangan internasional ketika pandemi COVID-19. Setelah pandemi mereda, penerbangan internasional dibuka, namun dipusatkan di Bandara Soekarno-Hatta.

Meski penerbangan internasional telah dibuka melalui Bandara Soekarno-Hatta, tapi kunjungan wisatawan Malaysia ke Sumbar masih sangat rendah. Hal itu disebabkan oleh biaya yang lebih besar dan tidak efisien dari segi waktu jika ke Sumbar lewat Jakarta.

"Makanya penerbangan langsung Padang-Kuala Lumpur menjadi sangat penting. Semakin banyak maskapai tentu semakin baik karena wisatawan punya alternatif pilihan. Tetapi saat ini masih terlayani oleh maskapai Air Asia," katanya lagi.

Luhur menyebut, ia juga sudah berkomunikasi dengan pihak Citilink dan disampaikan penghentian layanan penerbangan internasional itu semata atas pertimbangan strategi bisnis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement