Kamis 01 Jun 2023 10:40 WIB

Rekind Gelar Roadshow ke Universitas Indonesia Beri Motivasi Calon Insinyur Muda

PT Rekind juga menggelar roadshow ke sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Direktur Utama PT Rekayasa Industri (Rekind) Triyani Utaminingsih menggelar roadshow ke Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
Foto: Dok. PT Rekind
Direktur Utama PT Rekayasa Industri (Rekind) Triyani Utaminingsih menggelar roadshow ke Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Rekayasa Industri (Rekind), Triyani Utaminingsih, menggelar roadshow ke sejumlah perguruan tinggi. Kehadirannya merupakan bagian dari upaya untuk memberikan gagasan, program, pembekalan sekaligus pengenalan tentang dunia EPC (Engineering, Procurement and Construction) yang melekat dalam keseharian Rekind. 

Untuk kali pertama, wanita yang akrab disapa Yani tersebut memulai roadshow ke Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI). Yani yang hadir bersama Mohamad Agung, SVP Power, Fertilizer & Overseas Commercial Rekind itu, didaulat menggelar Kuliah Kapita Selekta Satu Sesi bertajuk 'Peran Insinyur Teknik Kimia dalam Proyek EPC Industri' di Fakultas Teknik, Kampus UI, Depok, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga

“Selain memperkenalkan dunia EPC, Rekind hadir untuk memotivasi para calon insinyur muda agar dapat berkarya dan membangun negerinya secara mandiri. Di samping itu para mahasiswa ini juga harus dibuka wawasan akademisnya mengenai berbagai jenis proyek dan bagaimana perusahaan EPC ini bekerja,” kata Yani.

Melalui gambaran ini akan semakin menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan para insinyur Indonesia terutama dalam membangun bangsanya di bidang energi, petrokimia dan migas.

“Rekind selalu membangun sinergi yang kokoh dengan kampus. Kami bekerja sama mulai dari recruitment, research, internship dan tidak jarang kami berkolaborasi untuk mengerjakan proyek, FEED, atau troubleshooting permasalahan proyek. Tidak salah kalau ada yang menilai Rekind merupakan partner universitas, sekaligus tempat belajar dan rumah para insinyur untuk berkarya yang muaranya demi satu tujuan, maju bersama untuk Indonesia,” kata Yani.

Menurutnya,  Rekind dikenal sebagai pelopor dan pemimpin dalam sektor EPC. Awal mula Rekind didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1981 sebagai BUMN yang fokus pada pembangunan pabrik petrokimia. 

Pengakuan dan prestasi ini bisa diraih juga berkat dukungan maksimal insinyur-insinyur muda Rekind yang pantang menyerah dan haus akan pengetahuan EPC, karena sebelumya pengetahuan ini hanya didominasi perusahaan asing. Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang menginjak usianya ke 42 tahun ini mampu mengembangkan kompetensinya agar lebih maju di berbagai sektor industri. 

“Kompetensi kami terus meluas, mulai dari petrokimia, oil & gas, mineral, geothermal, lingkungan hingga infrastruktur energi. Sampai detik ini kami terus mengerjakan proyek energi untuk perusahaan nasional dan multinasional. Ini semua juga berkat dukungan kuat dari para engineer muda Rekind,” kata Agung.

Petrochemicals juga merupakan bisnis kompetensi Rekind yang utama, dengan track record lebih dari 30 tahun. Semenjak itu, lanjut Agung, Rekind didaulat menjadi leader di regional Asia Tenggara untuk perusahaan rancang bangun fasilitas petrokimia dan kilang minyak. Dari banyak proyek yang diselesaikannya, Rekind merupakan perusahaan Indonesia pertama kali yang sukses menyelesaikan pembangunan pabrik pupuk di luar negeri, sehingga di tahun 2005 oleh The Federation of Engineering Institutions of Southeast Asia and Pacific (FEISAP) Rekind dianugerahi ASEAN Engineering Award. 

Bidang operasi refinery, oil and  gas, juga dikenal sebagai operasi yang menuntut keahlian teknis yang maju dan sama sekali tidak mengenal ruang kesalahan (error). Untuk hal ini, Rekind lebih dari 1 dekade berpengalaman mengelola proyek kilang (refinery) dan migas untuk Perusahaan domestik dan internasional dengan pencapaian keselamatan kerja (safety) yang terbaik, berkualitas (quality) dan tepat waktu. 

Yani mengatakan, selain dukungan engineer muda, keberhasilan Rekind dalam pengerjaan proyek EPCC juga sangat bergantung dengan Manajemen Proyek EPC yang juga merupakan salah satu keunggulan atau diferesiansi Rekind. Manajemen Proyek EPC ini, menurut Yani layaknya kepala pada tubuh. 

Dalam hal ini, proyek direncanakan eksekusinya, disusun dan dikendalikan waktu dari setiap item pekerjaan. Selain itu juga  dikontrol dan dicermati setiap biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan semua stakeholder. 

“Kesuksesan Project berawal dari perencanaan yang tepat, cermat, dan optimum,” ujar Yani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement