Rabu 18 Oct 2023 16:52 WIB

Rekind Bangun Ekosistem Budaya BUMN AKHLAK Lewat AKAR

Pembangunan ekosistem AKHLAK dari keluarga mensupport karyawan

PT Rekayasa Industri (Rekind) konsisten menerapkan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) sebagai nilai dasar dalam mendukung kinerja perusahaan.
Foto: Dok BRI
PT Rekayasa Industri (Rekind) konsisten menerapkan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) sebagai nilai dasar dalam mendukung kinerja perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Rekayasa Industri (Rekind) konsisten menerapkan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) sebagai nilai dasar dalam mendukung kinerja perusahaan. 

Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) ini juga selalu berpegang pada core value  perusahaan BUMN itu, sekaligus menjadikannya sebagai panduan berprilaku para pekerjanya, baik di kantor, rumah dan lingkungannya.

Salah satu bentuk akan komitmen tersebut,  tergambar melalui kegiatan Training for Trainer AKHLAK Keluarga (AKAR) yang digelar Rekind bersama PT Pupuk Indonesia Niaga (PIN) di bawah naungan PT Pupuk Indonesia  Group. Sasaran yang dituju melalui kegiatan yang digelar di Head Office Rekind, Gedung ROB 2 ini pada 29-30 September 2023 itu, tidak hanya karyawan, tetapi juga menyasar kepada keluarganya.      

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya PT Pupuk Indonesia Grup dalam menanamkan nilai budaya  AKHLAK yang tidak hanya di lingkungan karyawan, tetapi juga melalui keluarga. Upaya melalui program ini menjadi sangat strategis,  mengingat keluarga merupakan agen yang baik dan sangat efektif untuk membangun ekosistem AKHLAK,” ucap Direktur Utama Rekind, Triyani Utaminingsih.

 

Pembangunan ekosistem AKHLAK dari keluarga, lanjutnya,  akan sangat membantu mensupport karyawan dalam berkinerja unggul serta dapat menekan potensi konflik, sehingga tercipta situasi harmonis, dan suportif seperti yang terkandung dalam core value perusahaan BUMN tersebut.

“Nilai-nilai AKHLAK diyakini juga  mampu memotivasi setiap keputusan atau tindakan yang akan diambil oleh perusahaan. Maka dari itu sepatutnya seluruh insan perusahaan harus bisa memahami dan menafsirkan dengan baik dasar-dasar prilaku yang terkandung dalam core value-nya,” tutur wanita yang akrab disapa Yani tersebut.   

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Tim Kompartemen Budaya dan Pembelajaran PT Pupuk Indonesia (Persero) itu mendapat apresiasi positif karyawan dan keluarganya yang mengikuti kegiatan tersebut. Semua terlihat antusias, terutama saat memasuki sesi AKHLAK Gamification. 

AKHLAK Gamification merupakan sebuah media yang dirancang untuk menghadirkan peristiwa sehari-hari yang biasa dihadapi oleh para karyawan dan keluarga, namun didesain dalam bentuk permainan berbasis mobile apps. Pada setiap alur cerita tentunya telah diselipkan perilaku AKHLAK yang harus dipilih dan dipahami oleh para karyawan, termasuk keluarga. 

“Secara umum kegiatannya berlangsung lancar dan mencapai target untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai AKHLAK ke dalam diri karyawan dan  keluarga.  Semoga kegiatan yang sederhana ini tidak hanya memberikan manfaat kepada perusahaan, tapi juga seluruh karyawan dan keluarganya,” tambah SVP Human Capital & Corporate Services Rekind, Muh. Zuhri Al Khafidh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement