Jumat 14 Apr 2023 23:29 WIB

Pupuk Indonesia Bakal Unjuk Gigi Teknologi di Hannover Messe 

Pupuk Indonesia dukung Pemerintah kenalkan peta jalan Making Indonesia 4.0

PT Pupuk Indonesia (Persero) grup akan mengikuti pameran industri tingkat dunia Hannover Messe 2023 di Jerman pada 17-21 April 2023. Kegiatan ini menjadi ajang bagi Pupuk Indonesia untuk mempromosikan penguasaan teknologi digital dan kapabilitas manufaktur, khususnya di bidang industri pupuk dan petrokimia.
Foto: Dok Rekind
PT Pupuk Indonesia (Persero) grup akan mengikuti pameran industri tingkat dunia Hannover Messe 2023 di Jerman pada 17-21 April 2023. Kegiatan ini menjadi ajang bagi Pupuk Indonesia untuk mempromosikan penguasaan teknologi digital dan kapabilitas manufaktur, khususnya di bidang industri pupuk dan petrokimia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) grup akan mengikuti pameran industri tingkat dunia Hannover Messe 2023 di Jerman pada 17-21 April 2023. Kegiatan ini menjadi ajang bagi Pupuk Indonesia untuk mempromosikan penguasaan teknologi digital dan kapabilitas manufaktur, khususnya di bidang industri pupuk dan petrokimia.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, menyebutkan perusahaan mendukung upaya pemerintah untuk mengenalkan visi Indonesia pada peta jalan Making Indonesia 4.0. Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023 akan menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi era industri digital. 

“Dalam hal ini, Pupuk Indonesia akan berpartisipasi pada dua sub tema Hannover Messe 2023, yaitu Digital Ecosystem dan Energy Solution,” ujad Wijaya di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Pada sub tema Digital Ecosystem, lanjut Wijaya, Pupuk Indonesia akan memamerkan teknologi digital di bidang riset dan inovasi, produksi, hingga rantai pasok atau distribusi. Sedangkan pada sub tema Energy Solution, Pupuk Indonesia berusaha menarik minat investasi dengan mempromosikan pengembangan amonia bersih dan kawasan industri hijau.

Partisipasi Pupuk Indonesia dalam ajang Hannover Messe 20223 adalah berkat dukungan dan fasilitas dari Kementerian Perindustrian. Rencananya, Pupuk Indonesia akan memamerkan 10 ekosistem digitalnya, serta rencana pengembangan blue ammonia dan green ammonia. Setidaknya tiga anak usaha Pupuk Indonesia akan dilibatkan, yaitu PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pusri Palembang, dan PT Petrokimia Gresik. 

Selain memamerkan inovasi digitalnya, lanjut Wijaya, Pupuk Indonesia juga akan mengikusi sejumlah kegiatan di Hannover Messe 2023. Mulai dari konferensi, business summit, hingga pertemuan-pertemuan business matching. 

“Kami ingin menunjukkan pada peserta pameran lainnya dan bahkan pada dunia, bahwa ekosistem digital di lingkungan Pupuk Indonesia grup terbukti menghasilkan produk yang lebih baik, dengan proses produksi dan distribusi yang lebih efisien,” lanjut Wijaya.

Pembukaan Hannover Messe 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 16 April 2023. Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menyiapkan Paviliun Indonesia di Hannover Messe Fairground seluas 3 ribu meter persegi yang akan ditempati 157 co-exhibitor serta 41 Kementerian/Lembaga, termasuk Pupuk Indonesia.

Adapun pembukaan Paviliun Indonesia akan dilaksanakan pada 17 April 2023. Pembukaan ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz. Selain itu, kegiatan akan diikuti dengan pelaksanaan Business Summit antara Indonesia dan Jerman. Indonesia sendiri adalah negara ASEAN pertama yang menjadi Official Partner Country yang ketiga kalinya pada pameran tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement