Kamis 06 Apr 2023 14:26 WIB

Pertamina Bantu UMKM Jamah Pasar Ekspor Selama Ramadhan

Pertamina ikut membawa produk-produk unggulan UMKM binaannya.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pengunjung melihat produk kerajinan UMKM binaan Pertamina (ilustrasi). Pertamina ikut membawa produk-produk unggulan UMKM binaannya dalam berbagai ajang pameran produk UMKM di dalam dan luar negeri.
Foto: ANTARA FOTO/Fauzan
Pengunjung melihat produk kerajinan UMKM binaan Pertamina (ilustrasi). Pertamina ikut membawa produk-produk unggulan UMKM binaannya dalam berbagai ajang pameran produk UMKM di dalam dan luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momentum Ramadhan menjadi kesempatan besar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan omzet. Konsumsi masyarakat terus meningkat hingga puncaknya menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Peluang tersebut turut dimanfaatkan Pertamina dengan mengikutsertakan UMKM binaannya dalam berbagai bazar serta pameran dalam dan luar negeri. Pertamina ikut membawa produk-produk unggulan UMKM binaannya dalam berbagai ajang pameran produk UMKM di dalam dan luar negeri.

Baca Juga

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pendampingan itu adalah bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Upaya Pertamina dalam memberikan pembinaan UMKM Binaan melalui berbagai ajang pameran, telah dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 25 UMKM yang ikut serta dalam pameran selama bulan Ramadan ini," kata Fadjar dalam keterangan resminya, Kamis (6/4/2023).

 

Fadjar menjelaskan, Pertamina tengah menggelar SMEXPO Bazar Ramadan di Main Lobby Grha Pertamina, mulai tanggal 3-6 April 2023, dengan produk unggulan aneka produk makanan siap saji, kue kering, busana muslim, perlengkapan ibadah sebagai ajang promosi bagi para pelaku UMKM Binaan dalam memasarkan produk dan meningkatkan penjualan selama Ramadhan.

Pertamina juga bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Kementerian BUMN mengikutsertakan mitra binaannya dalam UMKM Go Global Trade Mission di West Mall Singapura, mulai tanggal 3 -9 April 2023 yang dikurasi oleh Kadin Indonesia.

"Ada 10 produk mitra binaan unggulan yang terkurasi oleh Kadin turut ambil bagian, dengan produk unggulan seperti kopi, madu, kerajinan, teh herbal, dan lainnya," kata Fadjar.

Trade Mission Singapura itu merupakan salah satu ajang pameran kriya dan produk–produk dalam negeri. Selain menjadi sarana promosi dan penjualan bagi perajin, pameran ini juga menjadi ajang interaksi dan pertukaran informasi mengenai tren produk sekaligus ditujukan agar produk usaha kecil menengah dalam negeri dapat menembus pasar ekspor.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement