Ahad 02 Jun 2024 13:26 WIB

Komunitas PERTIWI Dorong Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kesejahteraan Pekerja Pertamina

Nicke berharap PERTIWI Pertamina dapat bersiap diri menghadapi tantangan global.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan sambutan diacara Pertiwi Menginspirasi 2024 dengan tema Sustainable Lifestyle for Holistic Well-Being, pada jumat (31/5) di Grha Pertamina.
Foto: Dok Pertamina
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan sambutan diacara Pertiwi Menginspirasi 2024 dengan tema Sustainable Lifestyle for Holistic Well-Being, pada jumat (31/5) di Grha Pertamina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas PERTIWI Pertamina menggelar acara PERTIWI Menginspirasi dengan tema "Sustainable Lifestyle For Holistic Well-Being", di Grha Pertamina, Jakarta, (31/5/2024).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan PERTIWI Pertamina menginspirasi. “Perempuan dilahirkan untuk mengembangkan sesuatu, melahirkan sesuatu dan mau membesarkannya, sehingga bisa memberikan manfaat, dengan inovasi, keberanian, ketangguhan, dan sifat multitasking yang dimiliki,” ucap Nicke.

Ia berharap PERTIWI Pertamina dapat bersiap diri menghadapi tantangan global. “Jadi dalam konteks ini bagaimana Pertamina harus kita kelola, dan kita bawa untuk memberikan kontribusi manfaat bagi bangsa Indonesia, sekaligus menjawab tantangan dunia, membuat posisi Indonesia lebih kuat di mata dunia,”tegasnya.

Dalam kesejahteraan holistik, menurutnya ada hal yang perlu ditambahkan yaitu spirit wellbeing, dengan kerja ekstra dan mengoptimalkan semua support system. Hal yang selanjutnya harus dipahami adalah bagaimana perempuan meyakinkan berbagai pihak, ditengah banyaknya stereotip tentang perempuan, maka yang bisa merubah stereotip tersebut adalah perempuan itu sendiri, saling melengkapi untuk mendorong secara cepat pencapaian target perusahaan. 

 

Vice President Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso menambahkan, PERTIWI Pertamina merupakan komunitas pemberdayaan perempuan (women empowerment) yang didirikan tahun 2021. Komunitas ini memiliki program mencakup 5 dimensi kesejahteraan holistik untuk pekerja meliputi physical fitness, mental & intellectual, social & environment, occupational dan financial. 

“Ini tantangan bagi Pertamina untuk terus memberdayakan peran pekerja perempuan sesuai yang diamanahkan Kementerian BUMN, bahkan Pertamina menetapkan target pemimpin perempuan hingga 25 persen di Pertamina,”terang Fadjar. 

Kegiatan ini juga dihadiri Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) yang sekaligus merupakan Ketua Umum PERTIWI Pertamina, Emma Sri Martini, dan seluruh Ketua PERTIWI Subholding dan AP Portfolio serta pengurus PERTIWI Pertamina Grup yang baru saja dilantik pada acara Pertiwi Menginspirasi 2024.

Kegiatan Pertiwi Menginspirasi 2024 ini turut menghadirkan 3 pembicara muda yang inspiratif.

Maudy Ayunda sebagai salah satu pembicara menyambut baik hadirnya kegiatan PERTIWI Menginspirasi ini. “Menurut saya acara ini luar biasa penting, harus ada komunitas dan program yang memang memberikan support extra bagi para pekerjanya,” tutur Maudy pada kegiatan talkshow bertajuk Holistic Well-Being Balancing Career, Education and Personal Health. 

Putri Tanjung yang turut hadir pada PERTIWI Menginspirasi 2024 membahas mengenai Sustainable Business Ecosystem dan menjelaskan sustainable action yang dilakukan oleh CT Corps. Putri Tanjung menjelaskan bahwa C-level di CT Corps juga diwarnai oleh pemimpin-pemimpin perempuan, sehingga program-program women empowerment yang dijalankan menjadi sangat nyata dan saling mendukung satu sama lain.

Hal senada juga diungkapkan oleh pembicara lainnya, Putu Ayu Saraswati, Puteri Indonesia Lingkungan 2020. "Saya merasa bahagia bisa berada dikesempatan ini, bahkan bisa bertemu langsung  dengan Direksi Pertamina, juga pembicara lainnya serta para Perwira Pertamina. Acara ini sekaligus showcasing mengenai apa itu PERTIWI secara lebih detail lagi, sungguh acara yang luar biasa sekali,” urai Putu Ayu Saraswati pada kesempatan talkshow bertajuk Sustainable Lifestyle For Holistic Well-Being

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement