Selasa 21 Mar 2023 13:46 WIB

Penyelarasan Kompetensi Tenaga Kerja Menyongsong Net Zero Emission 2060

MIND ID dukung HC Summit selaraskan kompetensi tenaga kerja untuk NZE 2060

Kementerian ESDM menggelar Human Capital (HC) Summit 2023 dengan mengusung tema Human Capital Development towards NZE 2060. HC Summit tersebut bertujuan untuk menyelaraskan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja untuk dapat mewujudkan NZE 2060.
Foto: Dok MIND ID
Kementerian ESDM menggelar Human Capital (HC) Summit 2023 dengan mengusung tema Human Capital Development towards NZE 2060. HC Summit tersebut bertujuan untuk menyelaraskan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja untuk dapat mewujudkan NZE 2060.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peta jalan Net Zero Emmision (NZE) 2060 telah disusun untuk mewujudkan komitmen Indonesia mencapai NZE pada 2060 atau lebih cepat. Peta jalan tersebut dapat diimplementasikan dengan dukungan dan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan, salah satunya dengan menyelaraskan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja.

"Grup MIND ID sangat percaya bahwa karyawan dan pengembangan kompetensi merupakan hal terpenting dalam mewujudkan keberlangsungan bisnis. Selain itu, mereka juga menjadi penggerak dan pembuat inovasi yang memberi kontribusi positif," ujar Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, Selasa (21/3/2023).

Kementerian ESDM menggelar Human Capital (HC) Summit 2023 dengan mengusung tema "Human Capital Development towards NZE 2060". HC Summit tersebut bertujuan untuk menyelaraskan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja untuk dapat mewujudkan NZE 2060.

Heri mengatakan, perusahaan holding pertambangan tersebut mendukung HC Summit 2023 bersama dengan para anggotanya. Di mana, anggota MIND ID terdiri dari PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk, PT Vale Tbk.

“MIND ID mendukung acara yang diinisiasi oleh Kementerian ESDM guna meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para insan pelaku industri khususnya di sektor energi, migas dan minerba ini," jelas dia.

HC Summit 2023 mencakup diskusi tentang strategi penerapan NZE dan bagaimana mengembangkan keterampilan dan keterampilan yang diperlukan, keahlian untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu bakal ada eksibisi yang menyajikan pengelolaan sektor energi di Indonesia.

Heri menambahkan, grup MIND ID sendiri terus berkomitmen mengembangkan Karyawannya dengan berbagai bentuk pelatihan. Menurut dia, tercatat rata-rata jam pelatihan per karyawan grup MIND ID mengalami peningkatan, pada tahun 2020 mencapai 65,1 jam, sedangkan pada tahun 2021 mencapai 95,1 jam.

Heri mengatakan, pihaknya mendukung pengembangan karyawan dengan membuat berbagai macam kebijakan dan fasilitas serta sasaran seperti strategi pemenuhan talenta dan kapabilitas sesuai dengan yang dibutuhkan pada holding industri pertambangan. Salah satunya dengan program talent mobility dan penghargaan inovasi karyawan melalui program BIGMIND Innovation Award.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement