Jumat 03 Mar 2023 07:20 WIB

Huawei Dukung Peluncuran Jaringan Hybrid LTE dan Pama Ewacspro di Indonesia

Jaringan ini menjadi sistem pengoptimalan penambangan cerdas di Indonesia.

Huawei mendukung peluncuran jaringan hybrid LTE dan EWACSPRO pertama di industri pertambangan batubara terbuka di Indonesia.
Foto: Dok. Huawei
Huawei mendukung peluncuran jaringan hybrid LTE dan EWACSPRO pertama di industri pertambangan batubara terbuka di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- PT Pamapersada Nusantara (PAMA), kontraktor pertambangan di Indonesia, mengatakan, teknologi 5G dapat membuka pintu menuju Transformasi Digital Penambangan Cerdas untuk PAMA dan Indonesia. Sepekan sebelumnya, PAMA secara resmi meluncurkan jaringan Hybrid LTE pertama dan EWACSPRO di industri pertambangan batubara terbuka di Indonesia.

PAMA EWACS PRO adalah sistem pengoptimalan penambangan yang cerdas. Sistem ini menggunakan fitur seperti komunikasi data secara real time dan pelacakan GIS untuk memastikan keamanan tempat kerja dan efisiensi operasional.

Baca Juga

Wakil Presiden Direktur PAMA Hendra Hutahean, di sela-sela Mobile World Congress 2023, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/3/2023), mengatakan, untuk tetap menjadi kontraktor pertambangan terkemuka, pihaknya perlu menciptakan keunggulan kompetitif melalui transformasi digital dan manajemen perubahan yang dinamis. Jaringan Hybrid LTE yang sangat andal, latensi rendah, dan cakupan penuh diperlukan untuk mengoperasikan EWACS PRO hingga kemampuan dan kapasitas penuhnya. 

"Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan XL Axiata Business Solutions dan Huawei dalam Smart Mining Digital Transformation, untuk memperkuat efisiensi operasional dan daya saing PAMA di industri ini, serta melayani masyarakat," kata Hendra.

Direktur & Chief Digital Transformation & Enterprise Business Officer XL Axiata Yessie D Yosetya, mengatakan, bersama Huawei, XL Axiata terus mengeksplorasi dan mengimplementasikan jaringan berkualitas tinggi untuk menjadi operator terkonvergensi di Indonesia. Proyek ini adalah salah satu tonggak penting dan terobosan XL Axiata dalam Transformasi Digital Smart Mining. 

"Kami memberi apresiasi terhadap Huawei atas upaya luar biasa. Mari kita bekerja sama untuk mendukung use case di masa mendatang seperti armada otonom, manajemen EHS, dan operasi prediksi AI untuk PAMA Smart Mining," ujarnya.

XL Account Director Huawei Indonesia Wei Wei, mengatakan, Huawei bekerja sama dengan XL Axiata dan PAMA untuk mengembangkan jaringan LTE berkualitas tinggi, salah satu lokasi penambangan utama PAMA. Huawei dan XL Axiata sama-sama mengejar inovasi dan kolaborasi dalam Transformasi Digital.

"Saya yakin akan ada proyek yang lebih sukses di Indonesia Smart Mining," ujar Wei Wei.

MWC Barcelona 2023 berlangsung dari 27 Februari hingga 2 Maret di Barcelona, Spanyol. Huawei memamerkan produk dan solusinya di stand 1H50 di Fira Gran Via Hall 1. 

Bersama dengan operator global, profesional industri, dan pemimpin opini, kami mendalami topik seperti kesuksesan bisnis 5G, peluang 5.5G, pembangunan hijau, transformasi digital, dan visi menggunakan cetak biru bisnis GUIDE untuk meletakkan dasar bagi 5.5G dan membangun keberhasilan 5G untuk kemakmuran yang lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement