Selasa 28 Feb 2023 16:41 WIB

Huawei: Pencapaian Pengguna Global 5G Dalam Tiga Tahun Lebihi 4G

Huawei percaya 5G akan mengokohkan kepastian dan kepercayaan industri

President of ICT Strategy & Marketing Huawei Peng Song memberikan sambutan kunci dalam Business Success Summit untuk MWC 2023.
Foto: Huawei
President of ICT Strategy & Marketing Huawei Peng Song memberikan sambutan kunci dalam Business Success Summit untuk MWC 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Huawei telah mengadakan 5G Business Success Summit di Mobile World Congress (MWC) tahun ini. President of ICT Strategy & Marketing Huawei Peng Song menyampaikan pidato utama berjudul "Diverse Paths to 5G Monetization, Accelerating 5G Business Success". 

Dalam sambutannya, ia mencatat bahwa pencapaian yang dibuat oleh 5G dalam tiga tahun pertama setara dengan pencapaian 4G dalam lima tahun pertama. Terutama dalam penetrasi pengguna global.

Hal ini pun mengokohkan kepastian dan kepercayaan dalam industri. Dengan demikian, 5G akan mempertahankan kesuksesan ini jika nilainya dapat dilepaskan lebih lanjut di sektor ToC, ToH, dan ToB.

Operator melaporkan lebih dari 20 persen penetrasi pengguna 5G selama putaran pertama penyebaran telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam pendapatan seluler. Sementara itu, perangkat, konten, pengalaman, dan model bisnis semakin beragam karena semakin banyak operator dan mitra yang menggunakan 5G. 

Ini adalah bukti pergeseran pasar dari pengambilan keputusan berbasis risiko ke berbasis pendapatan untuk lebih menjamin kesuksesan bisnis. Tim MI Huawei menemukan bahwa migrasi cepat pengguna dan lalu lintas 5G adalah kuncinya.

Dengan kata lain jika operator memigrasikan 30 persen lalu lintas ke 5G eMBB dalam tiga tahun, dibutuhkan waktu kurang dari empat tahun untuk melihat ROI. Durasi ini akan semakin singkat jika operator juga menggelar layanan FWA dan ToB.

Diferensiasi Pengalaman

Jaringan 5G menggunakan kemampuan yang kuat untuk memberikan diferensiasi pengalaman  bagi beragam pengguna. Misalnya, operator dapat memberikan jaminan bit rate downlink untuk pengguna VIP dan pengalaman yang baik untuk layanan uplink. Operator di China sudah mulai mengeksplorasi paradigma baru ini.

5G FWA Jadi Layanan Broadband Rumah Quick

Pada akhir tahun 2022, 95 operator telah meluncurkan layanan 5G FWA secara komersial untuk lebih dari 10 juta pengguna rumahan. Dengan penerapannya yang cepat, pengalaman yang baik, biaya rendah, dan efisiensi energi yang tinggi, 5G FWA menghentikan jalur tembaga lama di pasar negara maju dan memungkinkan akses broadband rumah di pasar negara berkembang. Operator di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika telah melaporkan hasil yang luar biasa.

Jaringan Pribadi 5G Kunci untuk Menjelajahi Digital Perusahaan

Peng percaya bahwa operator dapat mengatur koneksi layanan yang luas dengan perusahaan melalui jaringan pribadi 5G, menciptakan ruang pasar untuk transformasi digital perusahaan yang tiga hingga sepuluh kali lebih besar daripada pasar untuk jaringan pribadi itu sendiri. 

Ini juga akan mendorong penjualan cloud, pusat data, F5G, dan layanan bernilai tambah lainnya. Pasar jaringan pribadi 5G ToB saat ini di luar China berkembang pesat. Pada tahun 2022 saja, jumlah jaringan yang dibangun menjadi dua kali lipat. Potensi masa depan ini bahkan lebih besar.

Peng menutup kata sambutannya dengan menambahkan bahwa 5G bukan hanya tentang nilai ekonomi bagi operator, tetapi juga nilai sosial yang sangat besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement