Ahad 08 Jan 2023 09:07 WIB

Pemilik Tesla di China Tuntut Potongan Harga

China menyumbang sekitar sepertiga dari penjualan global Tesla pada tahun 2021.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Logo Tesla terlihat di toko perusahaan di Cherry Creek Mall Denver pada 9 Februari 2019. Ratusan pemilik mobil Tesla berkumpul di pusat distribusi Tesla di Shanghai menuntut potongan harga.
Foto:

Zhang mengatakan, polisi memfasilitasi pertemuan antara staf Tesla dan pemilik yang berkumpul di mana pemilik menyerahkan daftar tuntutan, termasuk permintaan maaf dan kompensasi atau kredit lainnya. Dia menambahkan staf Tesla telah setuju untuk menanggapi pada hari Selasa.

Sekitar selusin petugas polisi terlihat di protes Shanghai dan sebagian besar video demonstrasi lainnya juga menunjukkan kehadiran polisi yang besar di lokasi Tesla.

Protes bukanlah kejadian langka di China. Selamat beberapa tahun terakhir, orang-orang keluar dalam jumlah besar atas masalah seperti penipuan keuangan atau properti.

Sementara itu, Tesla tidak berencana untuk memberikan kompensasi kepada pembeli yang menerima pengiriman sebelum pemotongan harga terbaru, kata juru bicara Tesla China kepada Reuters.

Namun, Tesla tidak menanggapi ketika diminta mengomentari protes tersebut.

China menyumbang sekitar sepertiga dari penjualan global Tesla pada tahun 2021. Pabriknya di Shanghai, yang mempekerjakan sekitar 20 ribu pekerja, adalah satu-satunya pabrik yang paling produktif dan menguntungkan.

Analis bersikap positif tentang potensi pemotongan harga Tesla untuk mendorong pertumbuhan penjualan pada saat setahun sejak mengumumkan kendaraan baru berikutnya, Cybertruck.

"Tidak ada tempat lain di dunia di mana Tesla dihadapkan dengan jenis pesaing yang mereka miliki di sini (China)," kata Bill Russo, kepala konsultan Automobility Ltd di Shanghai.

"Mereka berada di pasar EV yang jauh lebih besar dengan perusahaan yang dapat memberi harga lebih agresif daripada yang mereka bisa, sampai sekarang."

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement