Sabtu 17 Dec 2022 21:59 WIB

Kementan Pacu Peningkatan Produksi Pertanian dengan Strategi Lebih Maju

Pertanian tak mungkin mencukupi kebutuhan penduduk yang bertambah tanpa teknologi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menggelar panen jagung di kawasan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Banjarbaru Selatan, Kalimantan Selatan. SYL panen didampingi kepala dinas setempat dan juga jajaran kementan serta forkopimda lainya.
Foto: istimewa
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menggelar panen jagung di kawasan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Banjarbaru Selatan, Kalimantan Selatan. SYL panen didampingi kepala dinas setempat dan juga jajaran kementan serta forkopimda lainya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Pertanian siap memacu peningkatan produksi pangan dalam negeri dengan strategi yang lebih maju sebagai upaya mengantisipasi krisis pangan global.

Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo di Jakarta, Sabtu (17/12/2022), mengatakan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kewaspadaan di saat terjadinya krisis pangan global.

Baca Juga

"Kita juga mesti berhati-hati dan tidak lengah dalam menyediakan pangan dalam negeri secara mandiri," ujarnya dalam Harmonisasi Dan Refleksi Kinerja Direktorat Jenderal Prasarana Dan Sarana Pertanian Tahun 2022.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kementan terus memacu peningkatan produksi dengan strategi yang lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya, salah satunya dengan penerapan teknologi pertanian.

"Pertanian tak mungkin bisa mencukupi kebutuhan penduduk yang terus bertambah tanpa teknologi. Untuk itu, Kementerian Pertanian berinisiatif menggenjot produktivitas pertanian dengan meluncurkan Revolusi Industri 4.0 di bidang pertanian untuk menjawab tantangan," kata Mentan di hadapan pemimpin daerah serta jajaran Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan.

Syarul menyatakan modernisasi teknologi dunia berkembang sangat cepat, termasuk di bidang pertanian. Pengembangan pertanian moderen lebih lanjut saat ini menuju kepada model pertanian cerdas (smart farming).

Menurut Mentan, dalam konteks pengembangan sesuai amanat Perpres 18/2020 tentang RPJMN 2020 2024, Bappenas menjabarkan secara spesifik program pertanian cerdas (smart farming) ini dengan istilah Pertanian Presisi.

"Pertanian Cerdas atau Pertanian Presisi ini merupakan sebuah mekanisme pengelolaan lahan pertanian menjadi jauh lebih produktif dan efisien melalui keterlibatan teknologi informasi," ujarnya.

Pertanian presisi melibatkan beberapa sistem pertanian modern yaitu sistem mekanisasi, otomatisasi kontrol, kegiatan monitoring dengan pemanfaatan big data sampai dengan teknologi internet of things (IoT) serta machine learning.

Strategi untuk pengembangan pertanian modern yang dilakukan Kementerian Pertanian, lanjutnya, adalah dengan meningkatkan level teknologi dari kondisi existing secara selektif dan spesifik.

Dirjen PSP Kementan, Ali Jamil, mengatakan pembangunan pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern merupakan langkah terobosan yang sangat relevan untuk memecahkan, mengatasi sekaligus menjadi solusi dari kompleksnya permasalahan maupun tantangan yang dihadapi.

"Untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern memerlukan dukungan penyediaan prasarana dan sarana pertanian (Prasatani) untuk kelancaran dan keberhasilan kegiatannya," terangnya.

Ali menambahkan, pembangunan Prasatani yang selama ini parsial, perlu disesuaikan menjadi terintegrasi dan berbasis kawasan pertanian dengan empat prinsip keterpaduan.

"Yaitu keterpaduan teknologi produksi, keterpaduan jenis prasarana dan sarana, keterpaduan SDM dan lembaga pengelola, serta keterpaduan kegiatan dalam penyediaan dan pengelolaan," katanya

Terkait kinerja Prasarana dan Sarana Pertanian, Ali menyebutkan hingga 15 Desember 2022 kegiatan RJIT mencapai 3.827 unit, Irigasi Perpompaan 297 unit, Irigasi Perpipaan 146 unit, Embung/Dam Parit/Long Storage 396 unit, Bangunan Konservasi Air dan Anomali Iklim 396 unit, Optimasi Lahan Rawa 10.623,15 Ha, Optimasi Lahan Kering 9.931 Ha.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement