Jumat 16 Dec 2022 11:32 WIB

ITDC: WSBK 2022 Serap Ribuan Tenaga Kerja

445 pelaku UMKM yang berasal dari NTB telah berpartisipasi dalam side event.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Perajin menyelesaikan pembuatan trofi World Superbike (WSBK) seri Indonesia 2022 di Tuksedo Studio, Gianyar, Bali, Senin (7/11/2022). Trofi bagi para pemenang WSBK yang akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-13 November 2022 itu terbuat dari material stainless steel, kuningan, dan alumunium dan dikerjakan sekitar 20 orang perajin di Tuksedo Studio selama dua minggu.
Foto:

Troy mengatakan WSBK dan MotoGP akan menjadi dua event terbesar yang akan kembali diselenggarakan di The Mandalika tahun depan.

"Melalui kedua event ini dan juga event lain yang kami harapkan akan semakin banyak digelar di kawasan The Mandalika, kami optimis akan melihat keberlanjutan multiplier effect yang tercipta bagi masyarakat sekitar kawasan dan masyarakat NTB umumnya," kata Troy.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) NTB Ni Ketut Wolini mengatakan okupansi hotel di Lombok Tengah, termasuk kawasan The Mandalika, selama WSBK mencapai rata-rata 60 persen atau hampir dua kali dari rata-rata 35 persen pada hari biasa.

"Peningkatan okupansi hotel juga dirasakan di wilayah Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara dan Kota Mataram," ujar Wolini.

Muliadi dari Perhimpunan Asosiasi Travel Mandalika menyampaikan dampak positif dari penyelenggaraan WSBK yang meningkatkan pendapatan mencapai  Rp 150 sampai Rp 200 juta.

"Ini merupakan jumlah yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan pendapatan pada hari-hari biasa atau sebelum event WSBK 2022 sebesar Rp 60 juta sampai 70 juta per bulan," kata Muliadi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement