Senin 05 Dec 2022 13:17 WIB

KAI Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terkoneksi LRT dan KA Feeder

Dengan LRT penumpang bisa jangkau Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Kereta Cepat Halim.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Kereta Api Indonesia (KAI) KAI tengah menyiapkan rangkaian KA feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).
Foto: Humas PT KAI
PT Kereta Api Indonesia (KAI) KAI tengah menyiapkan rangkaian KA feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan saat ini tengah menyiapkan dua layanan kereta api yang akan menghubungkan pusat kota Jakarta dan Bandung dengan stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Nantinya KCJB akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek dan KA feeder.

“Hadirnya LRT Jabodebek dan KA feeder ini akan mempermudah konektivitas masyarakat untuk menuju stasiun KCJB melalui sistem transportasi yang bebas kemacetan dan tepat waktu,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam pernyataan tertulisnya, Senin (5/12/2022). 

Dengan menggunakan LRT Jabodebek, Joni mengatakan penumpang cukup menempuh waktu 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Halim. Selanjutnya penumpang dapat langsung berpindah dari stasiun LRT Jabodebek Halim ke Stasiun KCJB Halim karena kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama.

Untuk mempermudah masyarakat, Joni memastikan headway LRT Jabodebek pada rute Dukuh Atas-Halim pada jam sibuk dapat mencapai delapan menit sekali. Hal tersebut dapat direalisasikan karena KAI sudah menerapkan teknologi paling modern dalam operasional LRT Jabodebek.

photo
PT Kereta Api Indonesia (KAI) KAI tengah menyiapkan rangkaian KA feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). - (Humas PT KAI)

"Masyarakat juga dapat menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun yang terkoneksi dengan LRT Jabodebek yaitu Stasiun Sudirman dan Cawang untuk selanjutnya meneruskan perjalanan menggunakan LRT ke Stasiun KCJB Halim," tutur Joni.

Setelah menempuh perjalanan LRT Jabodebek selama 20 menit, perjalanan KCJB dari Stasiun KCJB Halim menuju Stasiun KCJB Padalarang akan ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Lalu di Padalarang, KAI telah menyediakan layanan KA feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB. 

Joni menuturkan, waktu tempuh KA feeder KCJB untuk menuju Stasiun Bandung hanya 18 menit. Dengan menggunakan layanan kereta api yang sudah terkoneksi tersebut maka total waktu yang dibutuhkan antar pusat Kota Jakarta dan Bandung sekitar satu jam perjalanan. 

“Dengan teknologi dan SDM terbaik KAI akan memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api tersebut beroperasi tepat waktu seperti layanan KAI yang sudah ada saat ini,” ucap Joni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement