Kamis 28 Jul 2022 03:51 WIB

Hari Mangrove Sedunia, BRINS Tanam 8000 Mangrove Serentak

Penanaman bibit mangrove ini berdampak dalam mengurangi dampak buruk pemanasan global

Rep: muhyiddin/ Red: Hiru Muhammad
Bertepatan dengan Hari Mangrove Sedunia 2022, BRI Insurance (BRINS) mengadakan program Green Action Serentak dengan melakukan penanaman total 8.000 bibit mangrove di Jakarta, Surabaya, dan Makassar.
Foto: istimewa
Bertepatan dengan Hari Mangrove Sedunia 2022, BRI Insurance (BRINS) mengadakan program Green Action Serentak dengan melakukan penanaman total 8.000 bibit mangrove di Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertepatan dengan Hari Mangrove Sedunia 2022, BRI Insurance (BRINS) mengadakan program Green Action Serentak dengan melakukan penanaman total 8.000 bibit mangrove di Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Kegiatan ini merupakan wujud implementasi corporate social responsibility (CSR) sebagai upaya untuk mendorong ekosistem keberlanjutan diberbagai aspek. 

Aksi ini dilakukan dengan menanam 1000 bibit di Taman Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, 1000 bibit di Kawasan Ekowisata Pantai Sederhana Muara Gembong Bekasi, 5000 bibit di Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung Makassar, dan 1000 bibit di Mangrove Wonorejo Surabaya. 

Baca Juga

Salah satu aksi yang dilakukan di Jakarta bertajuk ‘Protect Nature, Protect Future’ ini turut dihadiri oleh Direktur Kepatuhan & MR Heri Supriyadi, Direktur Operasional Sony Harsono, dan Direktur Teknik Ade Zulfikar. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan pihak Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, dan didukung oleh partisipasi dari Putu Ayu Saraswati, Puteri Indonesia Lingkungan 2020.

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Hutan Daerah Aliran Sungai (DAS) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ari Fajar Septa mengapresiasi penanaman ribuan mangrove yang dilakukan BRINS. 

 

"Saya sangat mengapresiasi BRI Insurance dan mendukung penuh kegiatan BRINS Green Action ini, merupakan pertama kali ada kegiatan yang fokus pelestarian lingkungan sekaligus mengangkat dan mendukung UMKM di sekitarnya," ujar Ari Fajar dalam siaran pers, Rabu (27/7/2022).

Aksi penanaman bibit mangrove ini berdampak dalam mengurangi dampak buruk pemanasan global dan usaha mencegah erosi tanah dan abrasi di pesisir pantai. Program penanaman mangrove sejalan dengan upaya Indonesia dalam gelaran G20 yang menjadikan rehabilitasi mangrove sebagai langkah pengendalian perubahan iklim. 

Direktur Operasional BRINS, Sony Harsono mengatakan, aksi penanaman pohon mangrove ini  merupakan salah satu cara untuk mendukung ekosistem yang berkelanjutan.

“Kami berusaha untuk terus konsisten dalam memaksimalkan inisiatif ESG yang diterapkan dalam triple bottomline 3P, People, Planet, Prosperity. Aksi ini merupakan salah satu cara kami dalam mendorong value ‘Planet’ and ‘People’ dengan menjaga keseimbangan untuk mendukung ekosistem yang berkelanjutan," kata dia.

Melalui aksi kolaborasi Green Action ini, dia berharap BRINS dapat menginspirasi berbagai pihak untuk menjaga kualitas lingkungan hidup.

"Berharap BRINS dapat menginspirasi dan menggerakan berbagai pihak untuk menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif sehingga mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya," jelas Sony. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement