Rabu 13 Jul 2022 17:11 WIB

Kanada Diperkirakan Naikkan Suku Bunga karena Gigitan Inflasi

Kenaikan suku bunga Kanada menyusul The Fed yang lebih dulu menaikkan suku bunga.

Bank sentral Kanada (Bank of Canada).
Foto:

Gubernur Tiff Macklem telah menjelaskan bahwa suku bunga kebijakan perlu dipindahkan ke kisaran netral, 2,0 persen hingga 3,0 persen, untuk menghentikan penambahan stimulus ke ekonomi yang sudah terlalu panas dan untuk memperlambat inflasi. Itu membuat beberapa ahli strategi mengincar kemungkinan langkah yang lebih agresif, dengan RBC Capital Markets menetapkan probabilitas 25 persen kenaikan 100 basis poin.

"Kami duduk di rekor pengangguran rendah dan inflasi yang sangat tinggi. Tidak ada alasan, sekarang, untuk suku bunga berada di bawah kisaran netral jangka panjang," kata Nathan Janzen, ekonom senior di RBC Capital Markets.

"Kami condong ke arah kenaikan 75 basis poin sebagai yang paling mungkin," tambahnya. "Tapi, dengan logika yang sama, 100 basis poin masih hanya akan membawa Anda ke titik tengah kisaran netral mereka."

 

Macklem, yang baru saja pulih dari COVID-19, berpartisipasi dalam keputusan suku bunga melalui tautan jarak jauh, kata bank sentral. Para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan suku bunga kebijakan Kanada akan mencapai 3,25 persen pada akhir tahun, naik dari 0,25 persen pada awal 2022.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement