Kamis 02 May 2024 11:49 WIB

Inflasi April 2024 Pas 3,0 Persen, Tarif Angkutan Jadi Biang Kerok

Kelompok transportasi menjadi penyumbang andil inflasi terbesar.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti.
Foto: Dok Humas BPS
Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi tahunan April 2024 sebesar 3,0 persen. Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, Pada April 2024, terjadi inflasi month to month (mtm) sebesar 0,25 persen, secara yearon year (yoy) sebesar 3,00 persen, dan tingkat inflasi year to date (ytd) sebesar 1,19 persen.

​"​Inflasi pada April 2024 yang bertepatan dengan momen Lebaran, lebih rendah jika dibandingkan dengan Maret 2024 yang bertepatan dengan awal Ramadan," katanya dalam paparan Indeks Harga Konsumen April 2024, Kamis (2/5/2024). 

Baca Juga

Pada momen Lebaran (April 2024), kelompok transportasi menjadi penyumbang andil inflasi terbesar, utamanya disebabkan oleh komoditas tarif angkutan udara dan tarif angkutan antarkota. Inflasi Lebaran (April 2024) diredam oleh beberapa komoditas di antaranya cabai merah, beras, telur ayam ras, dan cabai rawit.

Tingkat inflasi beras terus melemah hingga mengalami deflasi pada April 2024, yaitu sebesar 2,72 persen dengan andil deflasi sebesar 0,12 persen.

Bawang merah menjadi komoditas dengan andil inflasi terbesar (mtm), yaitu 0,14 persen. Inflasi yoy terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yang tertinggi kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 7,04 persen.

​​Inflasi provinsi yoy tertinggi terjadi di Provinsi Gorontalo sebesar 4,65 persen dengan IHK sebesar 106,70 dan terendah terjadi di Provinsi Papua sebesar 1,78 persen dengan IHK sebesar 104,12. Tingkat inflasi yoy komponen inti April 2024 sebesar 1,82 persen. ​​

"Inflasi tahunan beras, daging ayam ras, dan cabai merah menunjukkan penurunan, namun masih memberikan andil inflasi yang cukup tinggi," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement