Kamis 07 Jul 2022 09:59 WIB

Ini Sederet Alasan Dolar Makin Perkasa dalam Tiga Bulan ke Depan

Analis menilai ekspetasi suku bunga the Fed membuat dolar kuat tiga bulan ke depan.

Teller memegang mata uang Dolar AS dan Rupiah di sebuah tempat penukaran uang, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Kurs Rupiah ditutup Rp14.999 per Dolar AS pada perdagangan Rabu (6/7) hari ini, melemah 0,03 persen ketimbang posisi penutupan perdagangan kemarin (5/7) pada Rp 14.994 per dolar AS.
Foto: ANTARA/Subur Atmamihardja
Teller memegang mata uang Dolar AS dan Rupiah di sebuah tempat penukaran uang, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Kurs Rupiah ditutup Rp14.999 per Dolar AS pada perdagangan Rabu (6/7) hari ini, melemah 0,03 persen ketimbang posisi penutupan perdagangan kemarin (5/7) pada Rp 14.994 per dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dolar AS akan tetap kuat setidaknya selama tiga bulan ke depan karena ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang agresif dan daya tarik safe-haven yang berasal dari kekhawatiran resesi global, jajak pendapat Reuters terhadap analis valuta asing menunjukkan.

Aksi jual baru-baru ini dalam aset-aset berisiko dan pasar obligasi juga memainkan reli dolar yang luas terhadap hampir setiap mata uang lainnya, ke level yang tidak terlihat dalam dua dekade. Para analis mengatakan, tidak ada alasan bagus untuk memperkirakan relinya berhenti.

Sudah naik 7,0 persen yang lumayan tahun lalu, dolar telah melonjak lagi 12 persen tahun ini, secara konsisten melebihi ekspektasi hampir setiap peramal tentang berapa lama kenaikan beruntunnya akan bertahan.Tiga perempat mayoritas analis, 37 dari 48, dalam pertanyaan terpisah dari jajak pendapat valas Reuters 1-6 Juli memperkirakan tren itu akan berlanjut setidaknya selama tiga bulan lagi.

Dari jumlah tersebut, 19 mengatakan tiga hingga enam bulan, 10 mengatakan enam hingga 12 bulan, empat mengatakan setidaknya satu tahun dan empat mengatakan setidaknya dua tahun. Hanya 11 responden yang mengatakan kurang dari tiga bulan.Namun terlepas dari kekuatan jangka pendek, perkiraan median dari jajak pendapat terbaru dari hampir 70 analis berpegang teguh pada pandangan lama bahwa dolar akan melemah dalam 12 bulan mendatang, meskipun euro sekarang diperdagangkan pada level terlemahnya dalam dua dekade.

"Pada akhirnya, orang yang mengatakan dolar akan melemah karena pasar tidak memperkirakan banyak kenaikan suku bunga dari The Fed seperti sebelumnya, mereka lupa bahwa dolar juga merupakan tempat yang aman," kata Jane Foley, kepala strategi valas di Rabobank.

Foley juga bertanya-tanya mata uang apa yang akan dibeli orang jika mereka menjual dolar ketika ada potensi resesi dalam perjalanan. Sementara kurangnya alternatif kemungkinan akan menjaga dolar tetap dalam penawaran beli yang baik terhadap hampir semua mata uang, kekuatan greenback akan sangat dirasakan oleh mereka yang memiliki sedikit atau tidak ada suku bunga yang mendukungnya.

Memang, euro, yen Jepang dan pound Inggris, yang bank sentralnya tidak menaikkan suku bunga atau gagal mengikuti pengetatan kebijakan agresif Fed, telah melemah dengan persentase dua digit tahun ini.Turun lebih dari 10 persen untuk tahun ini, euro diperkirakan naik hampir 8,0 persen menjadi sekitar 1,10 dolar pada pertengahan 2023, menurut median.

Namun, pandangan 12-bulan itu adalah prediksi euro 12-bulan rata-rata terendah dalam lima tahun, dan sembilan analis memperkirakannya akan mencapai atau menembus paritas pada pertengahan 2023. Yen Jepang, berkinerja terburuk di antara mata uang utama, turun hampir 15 persen untuk tahun ini dan kemungkinan akan tetap lebih lemah dari 130 per dolar selama enam bulan ke depan karena kesenjangan antara imbal hasil acuan Jepang dan AS dan kebijakan moneter.

Sterling, turun hampir 12 persen terhadap dolar sejak awal tahun ini, diperkirakan akan mendapatkan kembali sekitar setengah dari penurunannya pada 2022 selama tahun depan karena bank sentral Inggris (BoE) tampaknya akan terus menaikkan suku bunga.Namun dalam waktu dekat, sejumlah masalah kemungkinan akan menjaga mata uang di bawah tekanan.

"Saat ini rasanya bagi saya bahwa seluruh dunia membenci sterling, dan saya dapat melihat alasannya. Bank sentral Inggris berada dalam situasi yang sulit, Brexit memiliki masalah yang rumit dan kami dihadapkan dengan banyak tekanan stagflasi di sini di Inggris," kata Foley dari Rabobank.

"Saya tidak berpikir investor akan kembali ke sterling secara besar-besaran sampai mereka melihat lebih banyak optimisme sehubungan dengan pertumbuhan."

Mata uang negara pasar berkembang juga akan berjuang untuk membendung kerugian terhadap greenback dalam waktu dekat karena investor mencari keamanan di aset berdenominasi dolar.Sementara yuan China yang dikontrol ketat, rupee India, dan ringgit Malaysia diperkirakan akan diperdagangkan di sekitar posisi mereka sekarang selama tiga hingga enam bulan ke depan, rubel Rusia dan lira Turki diperkirakan akan turun.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement