Sabtu 02 Jul 2022 19:31 WIB

26 Bisnis Modal Kecil yang Bisa jadi Usaha Sampingan dengan Cuan Melimpah

Berikut jenis-jenis peluang bisnis modal kecil yang bisa jadi usaha sampingan yang bisa hasilkan cuan untuk tambahan uang jajan:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Peluang Bisnis
Peluang Bisnis

Bosan dengan penghasilan sebagai pegawai? Butuh pemasukan tambahan? Jalan untuk mendapatkan pemasukan tambahan memang banyak, mulai dari jadi freelancer, kerja sampingan sampai membuka bisnis kecil-kecilan.

Namun dari semua pilihan, bisnis dengan modal kecil bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan tambahan uang jajan sembari mengisi waktu luang. Ada berbagai jenis bisnis modal kecil yang bisa dijalankan baik secara online, pada saat weekend atau sesuai dengan fleksibilitas waktu yang kamu miliki.

Kumpulan Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Bisnis Modal Kecil

Bisnis Modal Kecil

 

Berikut 26 jenis bisnis modal kecil yang bisa jadi usaha sampingan yang bisa hasilkan cuan untuk tambahan uang jajan.

1. Laundry Kiloan

Berapa modal yang diperlukan? Kamu bisa memulai menjalankan ide bisnis modal kecil ini cukup dengan modal Rp7,5 – Rp9 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering.

Setengahnya lagi digunakan untuk membeli perangkat pendukung, misalnya timbangan, plastik, dan setrika, serta gaji seorang pegawai.

2. Cuci Kendaraan Motor atau Mobil

Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.

Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta.

3. Desain Grafis

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, kamu bisa menawarkan jasa ke rekanan yang dikenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribulancer.com, projects.co.id, 99designs.com, elance.com atau website lainnya untuk freelancer. Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus ditingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan.

4. Les Privat

Modal yang dibutuhkan untuk ide bisnis modal kecil ini relatif murah. Jika kamu yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi.

Jika kamu membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa kamu tentukan berdasarkan pasaran biaya les di lokasi kamu.

5. Menjahit Pakaian

Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar Rp2 jutaan saja.

6. Translator/Penerjemah

Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan relatif mahal tarifnya. Bagi pemula, sebaiknya mulai saja dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

Modalnya juga relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi internet. Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya.

Lokasi kerjanya pun fleksibel. Bisa di kantor, di kafe, di rumah, atau di manapun. Marketplace yang banyak digunakan untuk menjual jasa ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.

7. Jasa Pengetika

Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, kamu bisa mendatangkan uang.

Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Kamu hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Mengeruk Cuan dari Ide Jualan Makanan Kekinian

8. Jasa Titip Beli (Jastip)

Peluang bisnis modal kecil ini dikenal juga dengan istilah personal shopper atau pebelanja pribadi ini banyak dijumpai di media sosial populer seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Namun tak jarang juga dijumpai pada aplikasi berbasis chat seperti Line, Whatsapp dan lainnya.

Oleh karena itu, sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial guna menarik perhatian para calon pembeli.

Untuk persiapan modalnya kamu bisa menggunakan uang pribadi terlebih dahulu sesuai dengan permintaan yang masuk, atau agar tidak mengeluarkan modal sama sekali bisa membeli ketika permintaan dan uang untuk membeli dari customer sudah ditransferkan ke kamu.

Jadi, modal yang harus keluarkan adalah ongkos perjalanan, bensin dan uang parkir jika menggunakan kendaraan pribadi.

9. Agen Pulsa dan Paket Data

Mudah, tanpa biaya besar, dan waktu yang fleksibel adalah daya tarik bisnis ini. Modalnya pun relatif kecil, yaitu mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan saja. Untuk mendapatkan pelanggan tetap juga relatif mudah, yaitu teman dan tetangga sendiri.

Bagaimana cara menjadi agen pulsa elektrik ini? Tiap provider pulsa elektrik punya ketentuan yang berbeda. Namun secara umum kamu cukup mendaftar dan melakukan deposit. Kemudian, saldo bisa digunakan untuk transaksi semua produk.

Untuk mendaftar, kamu bisa menggunakan formulir pendaftaran atau kirim SMS dengan format yang sudah ditentukan.

10. Jual Menu Sarapan

Untuk usaha ini tidak dibutuhkan ruangan yang spesifik. Bisnis rumahan dengan modal kecil ini bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk menjual makanan tersebut. Menunya pun sederhana dan tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya. Bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan, ditambah kopi sebagai pelengkap adalah menu sederhana yang punya nilai jual tinggi.

Modalnya juga terbilang kecil untuk memulai usaha ini, yaitu sekitar Rp4 juta per bulan. Dari angka tersebut, sekitar 80%-nya akan digunakan untuk membeli bahan baku seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya untuk membeli minyak goreng, gas, dan juga transportasi.

11. Angkringan

Angkringan peluan bisnis modal kecil yang cocok untuk dibuka dimalam hari, dan tentunya waktu yang tepat untuk kamu bisa menjalankan dan memantau usaha sampingan ini karena bisa dilakukan ketika sudah pulang kerja.

Untuk usaha sampingan ini kamu bisa memulainya dengan modal Rp10 juta sudah termasuk untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, sendok, tikar, meja, tenda, gerobak, peralatan masak dan menyewa tempat.

12. Menjual Aneka Kue

Menjual aneka kue adalah bisnis rumahan dengan modal kecil yang cukup menguntungkan. Kue yang dijual bisa dalam bentuk kue basah seperti brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur.

Kue kering pun juga tak kalah banyak, misalnya walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat.

Tidak perlu modal besar untuk menjual aneka kue ini. Modal yang diperlukan paling hanya berkisar Rp10 juta selama satu bulan pertama, dengan rincian Rp9 juta untuk bahan baku (Rp300 ribu x 30 hari), Rp300 ribu untuk biaya gas, dan Rp250 ribu untuk biaya listrik dan air. Tempat usaha adalah dapur kamu sendiri tentunya.

13. Membuka Online Shop

Beberapa produk yang paling banyak dijualbelikan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya, seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya.

Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita.

Tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Yang perlu dibeli antara lain hanyalah template yang harganya sekitar Rp300 ribuan.

Jika bisa membuat dan mendesain sendiri, maka ide bisnis modal kecil ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.

Bagi yang masih awam dengan jual beli online dan masih bingung untuk memilih produk apa yang akan dijual, mulailah dengan sistem dropship.

Sistem ini akan memberikan kemudahan dalam berjualan karena tidak perlu membeli stok barang untuk dijual.

14. Menjual Foto di Internet

Teknologi digital yang ada jaman sekarang ini sangat mendukung seseorang yang ingin membuka usaha sampingan. Apabila memiliki hobi fotografi, maka bisa menghasilkan uang dari jepretan foto-foto yang diambil sendiri.

Beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini adalah istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto). Selain itu, situs fotolia.com dan stockfresh.com juga bisa digunakan untuk menjajakan foto-foto kamu

15. Jadi Influencer

Menjadi seorang influencer merupakan sebuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kunci suksesnya dengan meningkatkan traffic dan follower atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah.

Jika konten blog, youtuber atau media social kamu berkualitas, maka pelan tapi pasti akan banyak orang yang berkunjung, follow dan memberikan likes atau comment untuk meningkatkan engagement yang membuat konten kamu semakin mudah tersebar dan dilihat banyak orang dan permintaan endorsement pun akan datang sendiri.

Modal yang dibutuhkan menjadi influencer tergantung dengan jenis konten apa yang akan kamu lakukan, apakah itu konten make up, makanan, masak, olahraga, fashion dan masih banyak lagi.

16. Menjual Jajanan Sekolah

Berbagai jajanan sekolahan ini biasanya cukup populer, terutama di kalangan anak-anak dan juga anak muda. Selain rasanya yang lezat, jajanan sekolahan juga biasanya terbilang mudah untuk dibuat. Hal ini akan sangat membantu dan mempermudah kamu memulai usaha rumahan ini, bahkan meski ini baru akan menjadi usaha pertama yang kamu jalankan.

Jenis-jenis  jajanan sekolah yang bisa dipilih  bisa telur gulung, kue leker, cilok, mi lidi kering, rambut nenek, es mambo pelangi dan kue jarring laba-laba.

Modal yang perlu disiapkan untuk peluang bisnis modal kecil ini berkisar antara Rp500 ribu – Rp1 juta saja kamu sudah bisa membuka usaha jajanan sekolah milikmu sendiri.

17. Jasa Membuat Hampers

Permintaan akan berbagai hampers menarik untuk kado pernikahan maupun perayaan lainnya semakin tinggi. Isi yang hampers juga sangat beragam, bisa berupa kosmetik, pakaian, aksesoris hingga berbagai makanan dan kue unik dan lezat.

Agar lebih mudah menjangkau pelanggan, pemasaran online melalui media sosial dan email tentu bisa dimaksimalkan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sampingan modal kecil ini bisa dimulai dari Rp1 juta – Rp3 juta untuk biaya kemasan, alat-alatnya, pita, isian dari hampers dan uang pengirimannya.

18. Wedding Planner/Organizer

Bisnis yang satu ini cocok untuk orang yang memiliki kemampuan untuk mengatur banyak hal secara bersamaan. Selain kreativitas yang tinggi, kemampuan untuk menggambarkan dan mewujudkan detail pernikahan klien tentu menjadi poin penting.

Wedding planner biasanya menyediakan beragam paket pernikahan, namun juga harus mampu mewujudkan pernikahan impian setiap kliennya. Modal yang dibutuhkan untuk bisa memulai ide bisnis modal kecil ini adalah berskisar Rp3 juta – Rp5 juta.

Harga tersebut sudah mencakup untuk biaya booking tempat acara, uang dp (down payment) keperluan pernikahan seperti tenda, bangku dan kursi, dekorasi bunga, dokumentasi, katering, MC sampai pengisi acara seperti pemusik, penari dan hiburan lainnya.

19. Salon

Jika memiliki keahlian dalam rambut, maka bisnis yang satu ini akan sangat menjanjikan. Salon bisa saja dimulai dengan modal terbatas, yakni dengan menyediakan layanan potong rambut dan creambath saja.

Untuk memulainya dengan modal murah kamu bisa mengawali bisnis salon kamu dengan sistem booking online, jadi kamu cukup menyiapkan alat-alat yang bisa dibawa untuk kerumah pelanggan yang sudah menyewa jasa kamu. Seperti catokan, blower/pengering rambut, gunting, sisir, dan peralatan perawatan dan hairstyling lainnya. Modal yang dibutuhkan bisa sekitar Rp1 – Rp3 Juta.

Baca Juga: Jadi Bukti Bisnis Digandrungi Konsumen, Yuk Kenali Apa Itu Repeat Order dan Tips Mendapatkannya

20. Laundry Sepatu

Bisnis rumah dengan modal kecil satu ini sudah begitu banyak dijalankan secara online. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu besar.

Pilih lokasi bisnis yang tepat dan strategis, di mana kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan dengan mudah. Biasanya kawasan kampus maupun perkantoran akan menjadi lokasi yang tepat. Lengkapi bisnis dengan peralatan yang baik dan memadai, agar hasil cuci memang selalu baik dan memuaskan para pelanggan.

Untuk modal kamu bisa memulai dengan kisaran antar Rp3 juta – Rp5 juta yang meng-cover biaya peralatan, sewa tempat jika dibutuhkan dan biaya pengiriman.

21. Jadi Tutor Online

Selama masa pandemi, banyak anak sekolah dan anak muda yang menghabiskan waktu di rumah saja. Hal ini membuat mereka mencari berbagai kegiatan baru, baik itu yang berkaitan dengan studi mereka maupun untuk sekedar mengasah kemampuan mereka di bidang tertentu. Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis yang tepat untukmu.

Kamu bisa memulai bisnis dengan menyediakan jasa tutor online dan mengajarkan berbagai materi yang menarik. Pilih materi yang tepat dan kamu kuasai dengan baik, sehingga bisa mengajarkannya dengan nyaman dan tepat.

Ide bisnis modal kecil ini sangat murah, kamu cukup bermodalkan laptop dan jaringan internet. Lokasinya bisa darimana saja. Jika kamu sudah memiliki laptop dan wifi, artinya kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali.

22. Bisnis Makanan dan Minuman Sehat

Bisnis makanan dan minuman tetap akan menjadi primadona masyarakat karena keduanya merupakan kebutuhan pokok. Namun sejak pandemi melanda, makanan dan minuman sehatlah yang paling banyak dicari agar imun tubuh tetap terjaga, sehingga tubuh kebal terhadap berbagai virus.

Kamu bisa menjual menu-menu sehat, seperti salad sayur atau buah, acai bowl, oatmeal bar, jus, dan minuman tradisional yang bisa dijadikan referensi menu untuk dijual. Usaha sampingan modal kecil ini bisa dimulai dari kisaran Rp3 juta – Rp5 juta. Jangan lupa gunakan bahan-bahan makanan yang baik dan bersih.

23. Menjual Strap Masker

Semenjak pandemi kewajiban memakai masker diterapkan di banyak tempat, beriringan dengan itu peminat dari strap masker pun semakin tinggi. Banyak orang mengoleksi strap masker untuk disesuaikan dengan outfit mereka. Membuat bisnis modal kecil jualan aksesoris strap masker semaking menggiurkan wangi cuannya.

Modal yang perlu dipersiapkan untuk bisnis ini tidak mahal, kamu bisa memulai dengan modal Rp500 ribu – Rp1 juta rupiah saja kamu sudah mulai berjualan. Lakukan penjualan dan promosi secara online agar lebih cepat menjangkau calon pembeli yang lebih banyak.

24. Katering Makanan

Suka memasak? Pertanda baik karena kesukaan ini bisa dijadikan sebagai ladang uang, yaitu dengan membuka bisnis modal kecil untuk usaha katering. Tentu dengan pangsa pasar yang beragam, mulai dari anak sekolah hingga para karyawan kantoran.

Cukup skala kecil-kecilan saja di awal. Nanti kalau sudah semakin dikenal baru buka usaha katering yang lebih besar. Pastikan cita rasa makanan buatanmu enak, jadi keinginan untuk ekspansi ini dapat terwujud seiring berjalannya waktu.

Kamu bisa mempersiapkan modal sekitar Rp1 juta – Rp3 juta dulu untuk diawal. Kamu bisa menawarkan jasa bisnis dan makanan ini ke kantor-kantor sekitar rumah atau mempromosikannya lewat media sosial, gofood, grabfood dan shopeefood.

25. Menjual Makanan Frozen (Frozen Food)

Frozen food tengah menjadi trend akhir-akhir ini. Alasannya karena makanan lebih tahan lama dengan cita rasa yang sama seperti makanan jadi. Sangat cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, maupun karyawan yang ingin membuat stok bahan makanan di dalam kulkas.

Ada frozen food dalam bentuk buah-buahan, gorengan, dan donat yang bisa dijadikan referensi. Tinggal pilih mana yang menurutmu paling digemari masyarakat. Jika memungkinkan, kamu bisa menjual ketiganya.

Untuk urusan modal, kamu bisa memulai dari Rp500 ribuan sampai Rp2 jutaan diawal dengan menjualnya secara online dan menyediakan produk yang popular terlebih dahulu agar lebih cepat laku dan bisa mengumpulkan modal kembali untuk memperbanyak varian frozen food seperti topoki, kebab atau eggrolls.

26. Street Food Korea

Demam drama korea membuat banyak bisnis berbau korea semakin diminati banyak orang. Mulai dari fashion, skin care, dessert, makanan sampai snacknya. Pokoknya apapun yang berbau Korea dan sering muncul di drama korea populer pasti langsung menarik minat banyak orang untuk mengikuti hal yang sama.

Hal itu pun membuat banyak brand-brand asal Korea laris manis tidak hanya di Indonesia, tapi juga di banyak negara. Nah, bisinis makanan dari Korea pun ikut menjadi sorotan karena banyak muncul di berbagai drama korea, variety show dan mukbang.

Harga modal untuk memulai bisnis street food Korea tidak terlalu mahal, berkisar antar 3-5 juta rupiah. Total modal ini sudah termasuk untuk pembelian gerobak makan, alat masak, dan bahan makanan.

Manfaatkan Peluang, Maksimalkan Keuntungan

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis modal kecil atau usaha sampingan modal kecil, kamu harus tau berbisnis bukan hanya sekedar memiliki modal dan berjualan saja. Tapi berbagai faktor bahkan hal terkecil dan tidak terduga sama sekali bisa mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis.

Salah satunya adalah peluang, jadi selalu pantau tren dan hal menarik apa saja yang sedang diminati oleh banyak orang saat ini dan manfaatkan hal tersebut sebagai langkah awal untuk memulai bisnis pertamamu sampai sukses hingga akhirnya kamu bisa membuka bisnis franchise makanan Korea dengan brand mu sendiri.

Baca Juga: Cek 5 Tanda Kamu Sudah Siap Buka Usaha

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement