Rabu 08 Jun 2022 18:20 WIB

Pelepasan Hak Kekayaan Intelektual Vaksin Covid-19 Hampir Tercapai

Pelepasan hak atas kekayaan intelektual vaksin Covid-19 bisa dicapai jelang WTO.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca. Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala optimistis kesepakatan internasional tentang pelepasan hak atas kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 dapat dicapai menjelang pertemuan WTO pekan depan.
Foto:

Beberapa ketidaksepakatan baru-baru ini berpusat pada ruang lingkup pelepasan hak intelektual dan keberatan China terhadap beberapa perkataan dalam perjanjian, kata sumber-sumber perdagangan.

Pertemuan dua tahunan WTO itu dua kali tertunda oleh Covid-19 dan berlangsung setelah jeda hampir 5 tahun di tengah ketegangan geopolitik yang tinggi sejak invasi Rusia ke Ukraina. Beberapa anggota negara-negara Barat telah menolak untuk bernegosiasi langsung dengan Rusia, tapi Okonjo-Iweala mengatakan dia yakin negosiasi dapat berlanjut melalui kombinasi pertemuan dengan jumlah peserta yang berbeda.

"Anda tidak dapat meminimalkan ketegangan dan krisis Rusia-Ukraina. Kami menemukan metodologi yang efektif dan kami akan menggunakan pendekatan yang sama untuk MC12," katanya, mengacu pada pertemuan minggu depan.

 

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement