Senin 07 Mar 2022 17:46 WIB

PKT Tingkatkan Produktivitas Padi hingga 150 Persen

Produktivitas padi didorong melalui program Makmur, dilakukan di Kabupaten Bulungan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Petani memupuk padi di area persawahan. Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), kembali berhasil mendorong produktivitas pertanian masyarakat melalui program Makmur; khususnya komoditas padi di Desa Panca Agung, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.
Foto:

Kepala Desa Panca Agung Heri Purwanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pendampingan PKT bagi para petani di wilayahnya. Hal ini membuat sektor pertanian yang awalnya mulai ditinggalkan masyarakat karena tidak memberikan hasil yang sesuai, kini kembali berpotensi untuk dikembangkan dengan program Makmur. 

Heri berharap program ini dapat lebih dikembangkan di Desa Panca Agung, mengingat luasan lahan yang tersedia mencapai 300 hektare untuk area persawahan maupun komoditas lainnya sehingga lebih banyak petani yang bisa bergabung dan mendapatkan manfaat. 

"Meski saat ini baru 30 petani yang bergabung, tapi kami optimistis ke depan jumlah tersebut akan meningkat karena hasilnya sangat memuaskan. Kami harap PKT bisa terus memperluas program ini agar petani kami bisa kembali bangkit dan mengoptimalkan sektor pertanian," kata Heri. 

Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala menyambut optimistis realisasi program Makmur yang terbukti mampu meningkatkan sekaligus mendorong produktivitas hasil pertanian masyarakat.

Ingkong menilai program ini sejalan dengan langkah Pemkab Bulungan untuk mendorong pengembangan sektor pertanian guna mewujudkan kedaulatan pangan di daerah sehingga Bulungan mampu menjadi penyangga pangan bagi Kaltara maupun Ibu Kota Negara (IKN) yang akan dibangun di Kalimantan Timur. 

"Maka dari itu, intensifikasi lahan maupun peningkatan produktivitas hasil pertanian menjadi hal prioritas di Kaltara dan Bulungan pada khususnya, untuk terus dikembangkan agar kebutuhan pangan mampu terpenuhi dengan baik," ujar Ingkong. 

Ingkong pun berharap program Makmur PKT dapat terus berperan melalui sinergi dengan pemerintah daerah sehingga produktivitas pertanian Bulungan semakin meningkat dan merata di seluruh wilayah. Begitu pula dengan petani, dapat semakin berdaya sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dalam mendukung pengembangan perekonomian daerah melalui komoditas unggul. 

 

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan PKT untuk memajukan sektor pertanian di Bulungan, hingga berhasil meningkatkan produktivitas padi masyarakat. Hal ini mengingat sektor pangan dan pertanian memiliki potensi untuk dikembangkan, sehingga kesejahteraan petani pun bisa lebih meningkat," kata Ingkong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement