Selasa 21 Dec 2021 11:00 WIB

Jelang Nataru Masyarakat tak Perlu Panik, Daerah Penyangga Cabai Siap Suplai

Beberapa daerah penyangga produksi cabai diinstruksikan untuk melakukan suplai cabai

Beberapa daerah penyangga produksi cabai seperti Sumedang, Bandung dan Banyuwangi serta di lokasi Gerakan Tanam di Pacitan, Badung, dan Temanggung akan diinstruksikan untuk melakukan suplai cabai ke wilayah Jabodetabek.
Foto:

Program jangka panjang

Ditjen Hortikultura telah mengalokasikan pengembangan kawasan aneka cabai seluas 3.339 ha di tahun 2021 dalam bentuk kampung cabai secara bertahap dan saat ini tidak kurang dari 336 kampung dalam proses registrasi.

Selain itu, penyediaan biaya sewa gudang penyimpanan, bantuan subsidi transportasi angkut produk dan penyediaan cold storage 110 unit. Disamping itu juga turut menyediakan stok benih cabai yang didistribusikan ke kelompok-kelompok tani yang membutuhkan melalui Dinas pertanian daerah.

"Program dan kegiatan pemerintah hanya bersifat stimulan, belum mampu mencover kebutuhan luas tanam ideal untuk kondisi panenan akhir tahun," papar Tommy.

Saat ini produsen (petani cabai) sedang menikmati harga jual yang bagus setelah hampir delapan bulan mengalami penurunan harga sejak bulan Maret 2021, bahkan sempat menembus Rp 3.000 per kilogram (kg) di beberapa sentra Jawa. Kenaikan harga saat ini sudah berlangsung sekitar 3 minggu sejak akhir November dan per lahan menembus angka Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu di tingkat petani dan Rp 60 ribu per kg di pasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement