Ahad 03 Oct 2021 23:49 WIB

Pertamina Bina 2.305 UMK di Papua untuk Naik Kelas

Pertamina menyebutkan ada 65 UMK baik Papua dan Papua Barat yang naik kelas

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Para UMK di wilayah Indonesia Timur seperti Papua dan Papua Barat, mendapat pembinaan dan pendampingan Pertamina.
Foto:

Menurut Fajriyah, melalui Program PUMK, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

"Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs melalui implementasi program-program berbasis Environmental, Social, and Governance di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat," kata Fajriyah menambahkan.

Salah satu mitra binaan Pertamina di Sorong, Papua adalah Wahyudi. Pemilik usaha budidaya ikan nila ini dinyatakan naik kelas dari kelas Go Modern ke Go Digital dalam ajang UMK Academy. 

"Setelah berhasil meningkatkan aset usaha saya di mana awalnya punya 1 kolam saja sekarang ada 12 kolam. Ini semua berkat bantuan Program PUMK Pertamina," ucap Wahyudi.

Selain itu juga ada peserta UMK Academy kelas Go Online asal Jayapura, Papua yakni Yafeth Wetipo. Pengusaha kopi khas Papua ini bahkan rela beralih profesi dari semula dosen menjadi roaster kopi. Namun, keputusannya pun tidak sia-sia. Usaha Kopi Highland Roastery makin berkembang dengan produksi mencapai 350 kg per bulan dan omzet hingga Rp 25 juta per bulan. 

 

"Kalau yang banyak orang tahu tentang Papua adalah banyak emasnya, kini kita angkat emas hijaunya juga yakni kopi," kata Yafeth.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement