Ahad 18 Apr 2021 08:45 WIB

Jack Ma Didesak untuk Segera Menjual Sahamnya di Ant Group

Jack Ma menawarkan untuk menyerahkan sebagian saham Ant Group ke pemerintah China.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Jack Ma, pendiri Ant Group.
Foto: EPA-EFE/TASS/HOST PHOTO / POOL MANDATORY
Jack Ma, pendiri Ant Group.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Ant Group sedang menjajaki opsi bagi pendirinya Jack Ma untuk mendivestasikan sahamnya. Menurut sejumlah orang sumber yang dimiliki Reuters, cara tersebut dapat membantu untuk menarik pengawasan regulator China yang ingin merestrukturisasi Ant Group milik Jack Ma.

Reuters untuk pertama kalinya melaporkan detil putaran terakhir pertemuan dan diskusi tentang masa depan kendali Jack Ma atas Ant. The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan bahwa Jack Ma telah menawarkan untuk menyerahkan sebagian saham Ant Group kepada pemerintah China.

Baca Juga

Hanya saja, Ant Group membantah divestasi saham Ma pernah dipertimbangkan. “Divestasi saham Ma di Ant Group tidak pernah menjadi subjek diskusi dengan siapa pun,” kata juru bicara Ant dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Ahad (18/4).

Meskipun begitu, saat ini belum ditentukan apakah Ant Group dan Jack Ma akan melanjutkan dengan opsi divestasi. Sumber Reuters menyebutkan, Ant Group berharap saham Ma yang bernilai miliaran dolar AS, dapat dijual kepada investor yang ada di Ant atau afiliasi e-commerce Alibaba Group Holding Ltd tanpa melibatkan entitas eksternal.

Hanya saja sumber Reuters lainnya menyebutkan selama diskusi dengan regulator China, Ma tidak akan diizinkan untuk menjual sahamnya kepada entitas atau individu yang dekat dengannya. Jack Ma harus keluar sepenuhnya atau mentransfer sahamnya ke investor China yang berafiliasi dengan negara. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement