Jumat 15 Jan 2021 14:26 WIB

Insentif Pajak Penghasilan Diperpanjang Hingga Juni 2021

Terdapat empat fasilitas pajak penghasilan yang diperpanjang.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Petugas kantor pelayanan pajak melayani wajib pajak dalam pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh).
Foto:

Fasilitas kedua, sumbangan yang dapat menjadi pengurang penghasilan bruto. Wajib pajak yang memberikan donasi atau sumbangan dalam rangka penanggulangan pandemi dapat memperhitungkan donasi atau sumbangan sebagai pengurang penghasilan bruto.

Sumbangan yang dapat diperhitungkan adalah sumbangan dalam bentuk uang, barang, jasa, atau pemanfaatan harta tanpa kompensasi. Sumbangan ini ditujukan untuk BNPB, BPBD, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, atau lembaga lain yang telah memperoleh izin penyelenggaraan pengumpulan sumbangan.

Fasilitas ketiga yang mendapatkan perpanjangan waktu adalah pengenaan tarif PPh sebesar nol persen dan bersifat final atas tambahan penghasilan yang diterima sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Merujuk pada PP 29/2020, tenaga kesehatan serta tenaga pendukung kesehatan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan untuk penanganan pandemi dan mendapatkan honorarium atau imbalan lain dari pemerintah, dapat menerima penghasilan tambahan tersebut secara penuh karena dikenai PPh nol persen.

Fasilitas keempat, pengenaan tarif PPh sebesar nol persen dan bersifat final atas penghasilan berupa kompensasi atau penggantian atas penggunaan harta. WP yang menyewakan tanah, bangunan atau harta lainnya kepada pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 mendapatkan penghasilan sewa dari pemerintah. Karena dikenakan PPh nol persen, mereka dapat menerima penghasilan tersebut secara penuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement