Ahad 10 Jan 2021 13:54 WIB

Awal Tahun, Harga Telur dan Ayam Mulai Turun

Penurunan harga terjadi baik di tingkat konsumen maupun produsen

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Pedagang menunjukkan telur ayam ras di salah satu stan, di Pasar Pabean, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/12/2020). Harga telur ayam ras naik dari Rp.26.000 per kilogram (isi enam belas butir) menjadi Rp.28.000 per kilogram seiring meningkatnya permintaan masyarakat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.
Foto:

Posisi akhir 2020 lalu, telur ayam ras dihargai hampir Rp 28 ribu per kg secara nasional dan untuk daging ayam ras lebih dari Rp 35 ribu per kg. Adapun acuan harga pemerintah untuk tingkat konsumen yakni Rp 24 ribu per kg untuk telur ayam dan Rp 35 ribu per kg untuk daging ayam ras.

Inti mengatakan, pemantauan terhadap harga sejumlah bahan pokok terus dilakukan pemerintah. Seperti diketahui, selain telur dan daging ayam ras, komodias pangan strategis lainnya yang juga mengalami lonjakan harga yakni aneka cabai.

Ia mengatakan, harga cabai diperkirakan akan mulai turun pada akhir pekan ketiga seiring dengan adanya musim panen di wilayah Jawa Tengah yang menjadi sentra produksi nasional. "Cabai masih fluktuatif saat ini karena masih sulit melakukan panen," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement