Jumat 01 Jan 2021 16:06 WIB

Kementan: Harga Pangan Strategis Awal 2021 Stabil

Beberapa harga komoditas yang tadinya melonjak mulai mengalami penurunan harga.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan harga pangan strategis pada hari pertama 2021 cukup stabil. Beberapa komoditas yang sebelumnya mengalami lonjakan harga secara perlahan mulai menurun.
Foto:

Sama halnya dengan telur, daging ayam ras juga mulai mengalami penurunan. Harga di tingkat konsumen sebesar Rp 38.222 per kg atau sedikit di atas acuan pemerintah Rp 35.000 per kg.

Adapun komoditas lainnya yang pada akhir Desember 2020 mengalami lonjakan yakni aneka cabai. Inti mengatakan, harga terpantau mengalami sedikit kenaikan. Tercatat harga cabai merak keriting di pasar eceran wilayah Jakarta naik Rp 583 per kg menjadi Rp 62.157 per kg.

Jenis lain yang mengalami kenaikan yakni cabai merah besar yang meningkat Rp 520 per kg menjadi Rp 65.611 per kg. Sementara cabai rawit merah turun Rp 1.384 per kg menjadi Rp 68.615 per kg.

Inti mengatakan, adanya kenaikan harga cabai salah satunya dipicu oleh penurunan produksi yang masuk ke Jakarta. "Karena hari ini libur, jadi pasokan yang masuk turun," ujarnya.

 

Adapun untuk komoditas lainnya seperti bawang merah, bawang putih, gula, minyak goreng, hingga daging sapi masih stabil. "Harga stabil dan tidak ada kenaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement