REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Memasuki tahun 2024, Sinar Mas Land melakukan pembaruan pada aplikasi OneSmile, sebuah integrated community app bagi warga BSD City, dengan meluncurkan OneSmile 4.0. Aplikasi mobile terintegrasi ini didukung dengan berbagai teknologi Microsoft sehingga memberikan performa yang lebih canggih dan inovatif.
Diluncurkan pertama kali pada tahun 2021 oleh Sinar Mas Land, OneSmile hadir dengan tujuan memudahkan akses dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas warga BSD City melalui penerapan teknologi aplikasi pintar. Puncak inovasi dari aplikasi tersebut dihadirkan melalui Tanya OSA, sebuah fitur asisten virtual berbasis Azure OpenAI Service. Layanan ini dapat memberikan bantuan 24 jam guna keperluan pengurusan properti, informasi akses dan kegiatan komunitas.
Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani menjelaskan, keberadaan aplikasi urban OneSmile adalah salah satu elemen penting dalam transformasi BSD City menjadi Integrated Smart Digital City di Indonesia yang modern dan terdepan. Proyek OneSmile juga merupakan salah satu agenda dalam kemitraan perusahaan dengan Microsoft. Kolaborasi ini menjadi langkah strategis yang menandai perkembangan teknologi kecerdasan buatan dalam membantu meningkatkan produktivitas pengguna sehari-hari.
"Semoga inisiatif ini menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat urban pada masa kini untuk hidup lebih baik dan lebih pintar di BSD City,” ujarnya.
Azure Go to Market Lead Microsoft ASEAN, Fiki Setiyono upaya Sinar Mas Land yang berkelanjutan dalam mengoptimalkan layanan di aplikasi OneSmile. Melalui kerja sama ini, OneSmile akan semakin inovatif, mudah, dan nyaman digunakan, khususnya dengan kehadiran Tanya OSA. Fitur ini dikembangkan dengan Azure OpenAI Service, salah satu teknologi dari Microsoft AI.
"Dengan kemampuan generative AI pada Azure OpenAI Service yang memungkinkan optimalisasi arsitektur data untuk AI, pengguna OneSmile dapat merasakan komunikasi yang lancar dan alami, serta interaksi yang lebih intuitif dan responsif,” katanya.
Aplikasi OneSmile dapat digunakan oleh masyarakat luas sebagai community app, serta beberapa fitur khusus bagi warga BSD City yang telah mengaktivasi status resident menggunakan nomor IPL. Selain fitur Tanya OSA, pengguna aplikasi OneSmile dapat menikmati fitur Billing untuk melakukan pembayaran tagihan air/IPL dan iuran warga BSD City. Fasilitas booking club house atau sport club hingga fasilitas wisata Branchsto Equestrian Park di BSD City, dapat juga diakses dan dipesan melalui OneSmile.
OneSmile juga menghadirkan fitur loyalty yang memberikan berbagai voucher mulai dari food and beverage hingga hiburan di BSD City. Selain itu, terdapat fitur BSD Link yang memungkinkan warga untuk mengakses jadwal dan informasi langsung dari moda transportasi publik gratis di kawasan BSD tersebut.
Aplikasi OneSmile juga dilengkapi fitur CCTV yang memungkinkan pengguna untuk melihat kondisi ruas jalan di beberapa titik BSD City. Beragam fitur pendukung juga hadir dalam aplikasi tersebut seperti Berita BSD, Event BSD, Jelajah BSD, hingga Satu BSD juga dapat diakses oleh resident dan non-resident yang menggunakan aplikasi OneSmile.
Berbagai kecanggihan terus dioptimalkan perusahaan ke dalam aplikasi OneSmile sebagai bentuk upaya Sinar Mas Land untuk mentransformasikan teknologi ke dalam proyek township yang dikembangkan di BSD City. Dari segi pengembangan, perusahaan juga membangun kawasan berbasis digital yaitu Digital Hub seluas 26 hektare.
Pengembangan ini ditujukan untuk komunitas, institusi pendidikan, startup, hingga perusahaan multinasional di bidang teknologi dan digital. Dari segi infrastruktur, perusahaan pun telah menerapkan penyediaan jaringan fiber optic, pengawasan lalu lintas melalui traffic command center, hingga kemudahan mobilitas masyarakat dari dan menuju BSD City melalui sarana transportasi publik yang terintegrasi.