Jumat 01 Jan 2021 14:54 WIB

Inggris Resmi Akhiri Perjalanan dengan Uni Eropa

Perpisahan terjadi 11 bulan setelah Inggris berada pada masa transisi yang tak pasti.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolandha
Seorang warga mengibarkan bendera Inggris dan Uni Eropa
Foto:

Pelabuhan Dover di Selat Inggris serta rute penumpang dan kargo Eurotunnel juga bersiap untuk melakukan penundaan ketika langkah-langkah baru diberlakukan. Di sisi lain, pemerintah Inggris bersikeras, sistem perbatasan dan infrastruktur yang mereka butuhkan untuk mengimplementasikan Brexit sudah siap.

Youngs Transportation di Inggris harus menangguhkan layanannya ke UE hingga 11 Januari untuk memastikan seluruh persiapan selesai. "Kami perkirakan, butuh waktu seminggu atau lebih untuk terbiasa dengan sistem baru ini," kata pimpinan perusahaan, Rob Hollyman.

Bahkan, sektor jasa, yang merupakan 80 persen dari ekonomi Inggris, bahkan tidak tahu aturan bisnisnya dengan UE pada tahun ini. Banyak detail yang dinilai belum dituntaskan.

 

 

Ratusan juta individu di Inggris dan UE juga bersiap menghadapi perubahan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Warga negara Inggris dan UE telah kehilangan hak otomatis untuk tinggal dan bekerja di wilayah lain. Mulai sekarang, mereka harus mengikuti aturan imigrasi dan mendapatkan visa kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement