Selasa 22 Sep 2020 19:39 WIB

BRI Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Gelaran NUFF

Karya anak bangsa memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing

Kementerian BUMN melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan di Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020.
Foto: BRI
Kementerian BUMN melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan di Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian BUMN melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan di Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020. Lebih dari 300 kolaborator ikut ambil bagian dalam memperlihatkan kualitas dan inovasi produk mode Tanah Air di gelaran mode virtual terbesar pertama di Indonesia tersebut.

Keseluruhan kegiatan kolaboratif ini bertujuan untuk merevitalisasi bisnis industri mode nasional dan sukses menuai dukungan positif dari masyarakat pecinta mode di Indonesia. Sepanjang acara berlangsung, NUFF 2020 telah disaksikan oleh 2.208.266 viewers yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Hal ini merupakan indikasi yang menggembirakan bagi industri mode Indonesia, di tengah masa yang menantang ini.

Baca Juga

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Menteri Kementerian BUMN Erick Thohir mengatakan, Nusantara Fashion Festival 2020 merupakan kolaborasi dari 300 desainer, UMKM dan pegiat fashion Indonesia untuk menyemarakkan HUT Indonesia ke-75.

"Karya-karya anak bangsa memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Mari kita support hasil UMKM, fashion lokal dengan makin sering membeli barang-barang lokal. Bangga Buatan Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (22/9).

NUFF 2020 hadir dengan misi khusus memperkenalkan ragam hasil karya mode Tanah Air bagi masyarakat Indonesia.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan animo masyarakat terhadap NUFF 2020 sangat luar biasa dan diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia akan produk mode lokal. Guna mendukung UMKM mode nasional, Bank BRI mengadakan berbagai kegiatan online dan offline dengan promo menarik.

Selama bulan Agustus saat NUFF 2020 berlangsung, BRI mencatat telah terjadi transaksi dengan sales volume lebih dari Rp 89 miliar. Angka ini meningkat hampir dua kali lipat dimana sales volume merchant offline dan online pada bulan sebelumnya atau sebelum event NUFF Rp 45,8 miliar.

Tentunya menurut Handayani, hal ini memberikan dampak secara langsung bagi keberlangsungan bisnis UMKM sektor mode. "NUFF 2020 mungkin telah berakhir, tapi kami percaya semangat masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk lokal akan terus berkembang,” ujar Handayani.

Dilaksanakan selama satu bulan, NUFF 2020 memberikan pengalaman virtual bagi penonton. Hadir secara live stream rangkaian kegiatan NUFF 2020 dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara. Mempersembahkan ruang diskusi terkait mode bersama pembicara dengan latar belakang beragam. Menampilkan karya presentasi mode digital karya 75 Desainer dan UMKM mode tanah air dan juga kolaborasi 20 seniman bersama brand dan perancang mode dalam melelang 10 karya eksklusif terbatas guna membantu UMKM mode yang terdampak.

CEO Samara Media & Entertainment Ben Soebiakto mengatakan NUFF 2020 memaksimalkan ekosistem digital untuk menjadi wadah presentasi mode Indonesia. NUFF menjadi penggerak bagi industri mode untuk kembali bangkit dan mempresentasikan karya mereka.

Pada tanggal 16 - 31 Agustus 2020 NUFF 2020 juga menggelar Charity Auction. Melalui lelang virtual ini, NUFF berhasil mendapatkan dana sebesar Rp 100.586.000. Seluruh dana yang dikumpulkan diserahkan kepada Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), guna mendukung pengembangan UMKM mode di lima daerah wisata di Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia terhadap festival mode virtual ini. Diharapkan masyarakat lebih mengenal keanekaragaman karya industri mode Indonesia. Selain itu kami harap semangat Bangga Buatan Indonesia tidak berhenti sampai disini. Kami harap masyarakat Indonesia mendukung gerakan #LokalTiapHari dengan menggunakan dan membeli produk lokal setiap harinya," kata Ben.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement