Kamis 16 Jan 2020 02:41 WIB

Investasi Bidang Teknologi Inggris Meningkat 44 Persen

Investasi sektor teknologi Inggris meningkat menjadi 13,2 miliar poundsterling.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Friska Yolanda
Ilustrasi Pertumbuhan Investasi
Foto: Pixabay
Ilustrasi Pertumbuhan Investasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Investasi di sektor teknologi Inggris melonjak sebesar 44 persen ke rekor 13,2 miliar poundsterling pada tahun 2019. Angka ini merupakan sepertiga dari seluruh pendanaan Eropa dan melebihi total di Prancis dan Jerman apabila digabungkan.

Inggris hanya berada di belakang Amerika Serikat (AS) dan China dalam tingkat pendanaan modal ventura. Menurut penelitian dari Tech Nation dan Dealroom.co, Inggris juga terlihat mengalami pertumbuhan yang kuat sedangkan kedua saingannya tersebut mengalami penurunan.

Di tingkat kota, London bergabung dengan San Fransisco Wilayah Teluk, Beijing, dan New York. "Fantastis melihat Inggris terus menjadi tempat terbaik di Eropa untuk memulai dan menumbuhkan bisnis teknologi teknologi, dengan investasi yang memecahkan rekor dan penciptaan delapan perusahaan baru bernilai miliaran dolar tahun lalu," kata Menteri Digital Matt Warman, Rabu (15/1).

Meskipun Inggris berada pada posisi yang baik, ia mengatakan pihaknya tidak bisa berpuas diri. Inggris juga harus memastikan kebijakan pemerintah mendukung sektor ini.

Inggris mencapai keseimbangan yang tepat antara mengembangkan sektor teknologi yang tumbuh cepat, namun juga tetap pro investasi. Misalnya dalam mengembangkan kebijakan untuk membuat internet seaman mungkin.

Penelitian menunjukkan, perusahaan-perusahaan yang berkantor pusat di London mengumpulkan 9,7 miliar poundsterling. Sementara, jumlah uang yang diinvestasikan dalam perusahaan tahap awal melonjak menjadi 5,1 miliar dolar AS pada tahun 2019, dari 4 miliar dolar AS pada tahun sebelumnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement