Rabu 11 Sep 2019 09:06 WIB

Top! Resulticks Tawarkan Layanan Marketing Terintegrasi Indonesia

Omnichannel saat ini berkembang dalam industri marketing.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Top! Resulticks Tawarkan Layanan Marketing Terintegrasi Indonesia. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)
Top! Resulticks Tawarkan Layanan Marketing Terintegrasi Indonesia. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta --- Perkembangan era industri kini sudah memasuki tahap 4.0, di mana segala sesuatunya sudah terintegrasi dengan perangkat digital. Salah satunya adalah perkembangan di segi marketing yang dinamakan dengan omnichannel. 

"Omnichannel itu sebutan di dunia marketing, saat orang menggunakan lebih dari satu channel," kata Country Sales Manager for Indonesia Resulticks, Adam Bachtiar, di Jakarta pada Selasa (10/9/2019).

Lanjutnya, channel yang dimaksud oleh Adam meliputi media sosial, call center, website, platform e-commerce, email, telepon, SMS, dan CRM (Customer Relationship Management). 

Baca Juga: Genesys Kenalkan Omnichannel CX dan Contact Center Berbasis AI

Penggunaan omnichannel tanpa integrasi data-data tentang customer dapat membuat strategi marketing menjadi tIdak efektif karena data dari platform yang berbeda membuat customer tidak dapat dikenali secara utuh.

"Contoh, saya Adam, saya menelpon di suatu brand, kemudian besok saya masuk ke website-nya, atau sosial media. Itu dianggap Adam yang berbeda (telpon, website, sosial media)," jelas Adam. 

Adam menyebut, Resulticks menawarkan integrasi data dari platform yang berbeda tersebut. 

Baca Juga: Apa Itu Precision Marketing?

"Proses yang dilakukan Resulticks pertama adalah mengintegrasikan semua data itu, agar tidak ada duplikasi data, kemudian dilakukan analisa. Kita punya big data tapi kalau tidak dianalisa buat apa?," lanjut Adam.

Proses analisa yang dilakukan Resulticks, yakni untuk menentukan bagaimana behaviour dari customer. Dari analisa terhadap behaviour customer tersebut, Resulticks akan memberikan saran bagaimana menjangkau customer melalui platform preferensi customer.

"Namanya Adam ini, dia ini baru akan bereaksi jika dia dikirim email, emailnya pun hanya jika dikirim hari Sabtu, jam 8 malam. Nah, itu bagian dari analisa," kata Adam memberikan contoh.

Baca Juga: Lenna Rilis Super Chatbot dan Omnichannel 2.0, Apa Keunggulannya?

Resulticks sendiri telah menerima penghargaan dari Gartner untuk kategori Magic Quadrant for Multichannel Marketing Hubs. Didukung oleh kecerdasan buatan (AI), big data, dan omnichannel, Resulticks ingin berperan dalam pemberdayaan brand lokal di Indonesia.

"Dengan menggunakan teknologi canggih yang sudah dimiliki, kami ingin membantu brand-brand lokal, terutama sektor BFSI, ritel, dan korporasi untuk membawa strategi pemasaran ke level berikutnya serta membantu mereka lebih terlibat dengan pelanggan dalam makna yang lebih berarti," ujar Adam.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement