Jumat 01 Mar 2019 17:11 WIB

BNI Syariah-Bank NTB Syariah Terbitkan Hasanah Syariah Card

Hasanah NTB Syariah Card ditujukan untuk pegawai dan nasabah Bank NTB Syariah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah (kiri) turut menyaksikan simbolis penyerahan mock up Hasanah NTB Syariah Card yang diterima langsung oleh Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo (tengah) dari Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto (kanan) di Pendopo Kantor Gubenur NTB, Mataram. Kamis (28/2).
Foto: dok. BNI Syariah
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah (kiri) turut menyaksikan simbolis penyerahan mock up Hasanah NTB Syariah Card yang diterima langsung oleh Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo (tengah) dari Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto (kanan) di Pendopo Kantor Gubenur NTB, Mataram. Kamis (28/2).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- BNI Syariah dan Bank NTB Syariah bersinergi dalam menerbitkan kartu pembiayaan bertajuk Hasanah NTB Syariah Card. Penerbitan kartu pembiayaan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNI Syariah dengan Bank NTB Syariah terkait pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto dengan Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo. Turut hadir menyaksikan penandatanganan tersebut Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah.

Tujuan penerbitan Hasanah NTB Syariah Card yaitu sebagai kartu pembiayaan yang didesain khusus untuk pegawai dan nasabah Bank NTB Syariah. Target dalam satu tahun pertama, BNI Syariah berharap dapat melayani minimal penerbitan 1.000 pemegang Hasanah NTB Syariah Card.

Berbagai benefit yang diperoleh pemegang Hasanah NTB Syariah Card antara lain dapat digunakan di seluruh dunia, dapat digunakan untuk transaksi pendidikan seperti pembayaran uang pendidikan, transaksi ibadah seperti pembelian paket umrah dan hewan kurban, transaksi rutin harian dengan berbagai promo seperti cashback dan diskon di restoran, hotel, travel, groceries, e-commerce dan promo lainnya.

Hasanah NTB Syariah Card dengan fiturnya diharapkan dapat mendukung tujuan dari Bank NTB Syariah untuk meningkatkan perekonomian daerah di Nusa Tenggara Barat. Selain itu juga terdapat program endowment fund yaitu pengembalian sebagian dari transaksi yang terjadi oleh pengguna Hasanah NTB Syariah Card sebagai dana operasional yang dapat digunakan untuk menunjang fungsi dan peran dari Bank NTB Syariah.

"Melalui penerbitan kartu Hasanah NTB Syariah Card, kami berharap dapat meningkatkan jumlah transaksi berbasis syariah dan meningkatkan percepatan ekonomi daerah dan sektor wisata halal di NTB," kata Wahyu dalam siaran pers yang diterima Republika.

Bank NTB Syariah merupakan Bank milik Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mengelola keuangan daerah yaitu kas daerah dan membantu meningkatkan perekonomian daerah dengan memberikan pembiayaan kepada pengusaha kecil di Nusa Tenggara Barat. Bank NTB Syariah merupakan hasil konversi dari Bank NTB pada 13 September 2018 lalu.

Hal ini merupakan bukti dukungan Pemerintah Daerah terhadap ekonomi dan perbankan syariah. Melalui konversi tersebut, Bank NTB Syariah menduduki posisi kedelapan dan mendongkrak pangsa pasar perbankan syariah menjadi sebesar 5,7 persen dibandingkan dengan bank umum konvensional secara nasional.

Propinsi NTB juga merupakan provinsi dengan penduduk muslim terbesar di Wilayah Indonesia Timur sebesar 94,75 persen dari total penduduk sebesar 4,5 juta jiwa. Besarnya jumlah penduduk muslim tersebut merupakan sumber daya dan potensi utama bagi pertumbuhan ekonomi di Propinsi NTB, khususnya potensi ekonomi syariah dan Industri Halal.

Terlebih lagi Lombok yang merupakan bagian wilayah NTB menjadi salah satu tujuan wisata halal dunia dan mendapat penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

Kerja sama ini sekaligus mendukung pertumbuhan ekosistem halal di NTB. BNI Syariah memiliki produk-produk unggulan yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat diantaranya pembiayaan konsumtif untuk pembelian rumah atau kendaraan, kartu pembiayaan (BNI iB Hasanah Card), pembiayaan produktif (modal kerja, investasi, dan mikro), tabungan haji dan umroh (BNI iB Baitullah Hasanah), serta Wakaf Hasanah.

Sebelumnya BNI Syariah telah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Barat dalam penerbitan BNI iB Hasanah Card sebagai Official Travel Card for World's Best Halal Tourism Destination. BNI iB Hasanah Card hadir dengan desain khusus yaitu gambar Danau Segara Anak Rinjani Lombok yang merupakan salah satu objek wisata halal di Lombok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement