Sabtu 03 Nov 2018 05:35 WIB

Penyaluran Kredit UangTeman Meningkat 300 Persen

Perusahaan kini melayani lebih dari 60 ribu akun nasabah.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
UangTeman berhasil meraih penghargaan Best P2P Lending Platform for Individuals dari The Asian Banker dalam ajang Indonesia Country Awards Programme 2018
UangTeman berhasil meraih penghargaan Best P2P Lending Platform for Individuals dari The Asian Banker dalam ajang Indonesia Country Awards Programme 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Digital Alpha Indonesia atau  Uangteman.com mencatatkan pertumbuhan usaha signifikan sampai dengan Kuartal III-2018. Tercatat, Perusahaan telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 300 miliar atau meningkat lebih dari 300 persen. 

Hal ini sejalan dengan tumbuhnya jumlah nasabah baru sebesar enam kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sehingga, perusahaan kini telah melayani lebih dari 60 ribu akun nasabah. 

Uang Teman berhasil menjaga kualitas penyaluran pinjamannya dengan mencatat rasio Non-Performing Loan (NPL) tetap di bawah tiga persen. CEO sekaligus Co-Founder UangTeman Aidil Zulkifli mengatakan perusahaan berkomitmen untuk menjaga rasio NPL tetap stabil dan dalam batas aman meski penyaluran pinjaman meningkat signifikan.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial peer-to-peer pinjaman dana multiguna, Uang Teman berorientasi untuk memberikan pinjaman yang aman dan bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Perusahaan juga memiliki fokus yang kuat untuk usaha yang berkesinambungan.

"Yakni dengan menerapkan seleksi calon nasabah yang cepat dan akurat sehingga kualitas penyaluran pinjaman kami terus terjaga, meskipun secara kuantitas meningkat tajam," ujar Aidil di Jakarta, Kamis (1/11) dalam siaran pers.

Berdasarkan portfolio pinjaman, sebesar lebih dari 30 persen pinjaman ditujukan untuk keperluan pengembangan usaha kecil menengah. Sebesar 25 persen untuk keperluan darurat terkait pendidikan, 20 persen untuk keperluan darurat terkait kesehatan dan sisanya lebih ke arah konsumsi.

Uang Teman fokus menyasar segmen ritel, transaksi mikro termasuk para pelaku usaha mikro hingga ke sejumlah daerah di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia sesuai komitmen pemerintah menjadi 75 persen pada 2019.

Di tengah peningkatan dari sisi usaha, Uang Teman juga memperhatikan peningkatan terhadap layanan yang dapat diberikan untuk menunjang kenyamanan para nasabah. Chief Technology & Operations Officer (CTOO) UangTeman Sukan Makmuri mengatakan Uang Teman telah menerapkan standar ISO/IEC 27001 terkait dengan sistem manajemen pengamanan informasi sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016.

Sertifikasi ISO/IEC 27001 dan sistem yang kami terapkan saat ini merupakan bentuk keseriusan dalam manajemen risiko dan menjaga keamanan data dari setiap pelayanan yang kami berikan kepada pengguna. "Ini sangat penting untuk memperkuat posisi Uang Teman menjadi pemimpin di bisnis peer-to-peer pinjaman dana multiguna sekaligus meningkatkan inklusi keuangan nasional," ujar Sukan.

Uang Teman juga telah menerapkan sejumlah fitur pelayanan seperti One Tap Pay, agar nasabah bisa memilih bank untuk pembayaran pinjaman dengan sekali tap. Kemudian Advance Notification System yakni mengingatkan batas waktu pengembalian pinjaman nasabah, dan DEEP yakni fitur untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah terhadap produk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement