Selasa 23 Oct 2018 19:45 WIB

Investor Korea akan Akuisisi Dua Bank Tanah Air

Bank Mitraniaga akan dimerger dengan Bank Agris setelah diakuisisi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Gedung Bank Mitraniaga Tbk
Gedung Bank Mitraniaga Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, Industrial Bank of Korea akan mengakuisisi Bank Mitraniaga dan Bank Agris.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Poernomo mengungkapkan, bank tersebut saat ini sedang melakukan penjajakan dan mengajukan perizinan untuk merger kedua bank.

"IBK rencananya ambil Bank Mitraniaga dan Bank Agris, lagi proses pengajuan. Kedua bank itu mau dibeli IBK, (saham) mayoritas, jadi arahnya merger," ungkap Slamet saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/10).

Menurut Slamet, rencana tersebut masih belum pasti disetujui. Saat ini pihaknya tengah mengevaluasi perizinan yang diajukan oleh bank asing tersebut.

"Belum tentu (disetujui), kita lihat dulu. Kalau bermanfaat buat Indonesia, semua aturan dipenuhi, ya masa kita melarang," ujar Slamet.

Merger tersebut merupakan upaya konsolidasi yang tengah didorong oleh OJK. Sebab, saat ini persaingan industri perbankan sudah meluas, hingga dengan industri teknologi finansial (fintech). Adanya persaingan yang semakin ketat tersebut akan membahayakan bagi bank-bank kecil yang berada di bank umum kelompok usaha (BUKU) 1 dan 2. Adapun rencana bisnis Industrial Bank of Korea di Indonesia yakni pada pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement