Kamis 14 Dec 2017 13:32 WIB

Investasi di Indonesia Berhasil Tumbuh ke Level Tertinggi

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
Investasi di Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Investasi di Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Dunia memprediksikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan meningkat menjadi 5,1 persen di akhir 2017. Angka itu meningkat dibanding capaian PDB pada 2016 lalu yang sebesar 5,0 persen.

Untuk tahun 2018, Bank Dunia memprediksi pertumbuhan PDB akan terus berlanjut menjadi 5,3 persen. Lead Economist Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Frederico Gil Sander, mengatakan kenaikan PDB itu salah satunya didorong oleh berlanjutnya pertumbuhan investasi yang tinggi.

"Makin banyak pabrik yang dibangun dan ini akan membuat tingkat produksi makin tinggi," ujarnya, saat memaparkan hasil laporan Bank Dunia terhadap kinerja perekonomian Indonesia, di Soehana Hall, Jakarta, Kamis (14/12).

Bank Dunia mencatat, pertumbuhan investasi Indonesia pada kuartal ketiga 2017 berhasil naik ke level tertinggi dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Selain investasi, Frederico melanjutkan, pertumbuhan PDB juga akan didorong oleh peningkatan konsumsi, meskipun jumlahnya tidak terlalu besar. Peningkatan konsumsi ini disumbang oleh pulihnya harga komoditas unggulan Indonesia, tingkat inflasi yang rendah sera stabilnya nilai tukar rupiah.

Belanja modal pemerintah yang tinggi, terutama di akhir tahun 2017, juga diperkirakan akan memacu belanja investasi di sektor swasta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement