Rabu 25 Jan 2017 10:11 WIB

IsDB Beri Pendanaan untuk Senegal

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Senegal
Foto: .
Senegal

REPUBLIKA.CO.ID, DAKAR -- Islamic Development Bank (IsDB) Lives & Livelihoods Fund (LLF) telah memberikan pendanaan sebesar 32 juta dolar AS untuk membantu Senegal memberantas malaria. Hal ini telah disepakati dalam penandatanganan MoU antara Wakil Presiden IsDB Mansur Muhtar dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Perencanaan Senegal Amadou Ba. 

Sebanyak 25 kabupaten yang terletak di lima wilayah berbeda di Senegal akan mendapatkan bantuan untuk memberantas malaria. Daerah tersebut yakni Thies, Fatick, Diurbel, Matam, dan Louga. 

Proyek pemberantasan malaria terdiri dari penyediaan 1,56 juta Rapid Detection Test (RDT). pengadaan obat anti malaia, dan penyediaan peralatan laboratorium. Pembiayaan juga mencakup pengadaan 240 ribu insentisida, dan peralatan untuk pengawasan entomologi dan perlindungan individu.

Dilansir Zawya, Rabu (25/1), dalam sambutannya Wakil Presiden IsDB Mansur Muhtar mengatakan bahwa malaria telah menjadi momok yang banyak menimbulkan banyak korban di negara Sub-Sahara Afrika. Oleh karena itu, pemberantasan malaria ini menjadi sangat penting bagi IsDB. 

Menurutnya, pembangunan berkelanjutan tidak akan tercapai tanpa didukung oleh masyarakat yang sehat dan dia optimistis IsDB dapat membantu Pemerintah Senegal untuk mencapai tujuan pembangunan tersebut.

Sementara itu, dalam sambutanya Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Perencanaan Senegal Amadou Ba memberikan apresiasi yang tinggi kepada IsDB karena telah memberikan dukungan pembiayaan kepada rakyat Senegal. Pembiayaan tersebut merupakan kontribusi yang signifikan terhadap upaya pemerintah untuk memberantas malaria. Pembiayaan ini merupakan yang ketiga kali diberikan oleh IsDB dalam upaya memerangi malaria di Senegal.

LLF merupakan sebuah inisiatif dari IsDB dan Bill & Melinda Gates Foundation untuk mendukung negara-negara anggota IsDB dalam mengurangi angka kematian ibu dan anak, meningkatkan produktivitas petani kecil, dan membantu masyarakat keluar dari kemiskinan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement