Jumat 23 Dec 2016 11:00 WIB

Fasilitas Ini Bisa Dinikmati Pelanggan PT KAI Saat Libur Akhir Tahun

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
  Petugas mengecek gerbong kereta api pembangkit argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta berbahan bakar Liqufied Natural Gas (LNG), di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Selasa (20/12).
Foto: Mahmud Muhyidin
Petugas mengecek gerbong kereta api pembangkit argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta berbahan bakar Liqufied Natural Gas (LNG), di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Selasa (20/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (persero) menambah layanannya, baik dari segi personel keamanan hingga jumlah perjalanan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode liburan akhir tahun.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjelaskan, sebagai persiapan Angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 (Nataru), pihaknya menerjunkan 1.380 tenaga pengamanan. Rinciannya, tenaga pengamanan terdiri dari 828 personel keamanan, 254 personel Polsuska, tenaga bantuan pengamanan dari TNI 20 personel, dan Polri sebanyak 278 personel termasuk dari Satuan K9 atau unit Kesatuan Polisi Satwa yang disebar diseluruh wilayah Daop 1 Jakarta.

Selain itu, selama masa angkutan Nataru yang berlangsung dari 23 Desember 2016 sampai dengan 8 Januari 2017 ini Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 52 perjalanan KA reguler dan 11 perjalanan KA tambahan dengan total 34.144 seat per hari. PT KAI, kata Edi, juga mengantisipasi datangnya musim hujan, dengan menyiagakan 253 petugas ekstra yang berjaga selama 24 jam secara bergantian terdiri dari petugas pemeriksa jalur, penjaga pelintasan, di daerah rawan yang tersebar di seluruh lintas Daop 1 Jakarta di daerah yang dianggap rawan banjir dan longsor.

"Kami juga  menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang antara lain berisi pasir, bantalan rel, pendrol, dongkrak, dan perlengkapan lainnya," ujar Edi, Jumat (23/12).

Bersamaan dengan gelar pasukan, PT KAI juga melakukan peresmian layanan tambahan berupa jaringan lokal nirkabel atau Wifi gratis untuk Stasiun Gambir dan Stasiun Sudirman. Dua stasiun tersebut dipilih lantaran lebih dari 27 ribu penumpang setiap harinya berada di masing-masing stasiun tersebut dan dipastikan hampir semua penumpang mengakses jaringan internet. "Wifi Gratis tersebut hasil kerja sama antara PT KAI Daop 1 Jakarta dengan Loop Viral Media dan membuka peluang bisnis dalam penyediaan media placement baru 'multiple viral media placement'," ujar Edi.

Melalui layanan Wifi gratis tersebut, penumpang dapat mengakses internet tanpa takut kehabisan kuota. Bahkan, layanan Wifi ini dapat di akses dengan kecepatan 1 mbps. Selain dengan layanan Wifi gratis, PT KAI Daop 1 Jakarta juga memberikan fasilitas layanan lebih lainnya berupa ruang tunggu VIP yang terletak di lantai 1 sebelah barat menghadap ke arah tugu Monumen Nasional (Monas) yang juga sebagai ikon Kota Jakarta, sedangkan untuk penumpang kereta api yang hobi selfie, di Stasiun Gambir juga disediakan beberapa titik selfie yang menarik.    

"Dengan pelayan lebih yang diberikan PT KAI Daop 1 Jakarta, diharapkan dapat memanjakan para pengguna jasa Transportasi Kereta Api dalam menikmati liburan Natal dan Tahun Baru kali ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement