Senin 10 Oct 2016 12:32 WIB

Pembangkit Listrik 1.350 MW akan Dibangun di Kawasan Industri Tangerang

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Pembangkit listrik
Foto: Edwin/Republika
Pembangkit listrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi Banten akan membangun kawasan industri baru. Kawasan ini akan berada di daerah Kohod dan Tanjung Burung yang berlokasi di mulut sungai Cisadane, Kota Tangerang.

Direktur Utama Banten Global Development (BGD) mengatakan, pembangunan pembangkit listrik akan menjadi fokus pertama dalam membangun kawasan industri terpadu. Rencananya akan dibangun sumber listrik tenga gas dengan kapasitas 3x450 megawatt (MW).

"Kalau Power Plan ini sudah jalan, maka pengembangan industri ke depannya pasti akan cepat. Karena investor untuk industri pasti butuh tenaga listrik," kata Sudibyo di kantor BKPM, Se‎nin (10/10).

Sudibyo mengatakan,‎ selain untuk industri tenaga listrik ini juga akan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Sebab dalam kawasan industri ini akan dibangun juga perumahan baik untuk pekerja di kawasan tersebut maupun perumahan warga lain. Sehingga dalam kawasan ini bukan hanya akan tumbuh industri semata, tapi ada juga kehidupan masyarakat.

"Jadi ini nanti akan jadi daerah cukup besar yg bisa dikembangkan kegiatan perekonomian sehingga bisa memberi manfaat banyak bagi masyarakat Banten," ujar Sudibyo.

Untuk investor pembangkit listrik, Sudibyo menuturkan bahwa pihaknya sudah bertemu dengan investor yang mau bekerja sama. Namun investor ini masih menunggu kejelasan kerja sama antara Pemda Banten dalam pembangunan kawasan indutri terpadu tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement