Jumat 04 Mar 2016 14:13 WIB

Tas Unik Decoupage, Hobi Penghasil Rezeki

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nur Aini
kreasi tas decoupage
Foto:

Ratri lantas berbagi pengalaman unik selama menjalani bisnis. Ketika awal-awal demam decoupage, teman-teman arisan sepakat membuat kreasi masing-masing. Lalu, hasil produknya dipakai jalan-jalan ke Bandung dengan dresscode seragam. Ketika berjalan-jalan, mereka berfoto-foto bersama dan ia memperhatikan banyak orang takjub melihat kreasi tas mereka.

Ada pula yang menanyakan asal tas tersebut, di mana membelinya, sebab mereka pun ingin memiliki produk serupa. "Rasanya puas dan bangga banget banyak yang menyukai kreasi kami," ujarnya. Itulah yang menjadi muasal ia membuat akun Instagram.

Meski, tetap usaha yang kini ia geluti memiliki tantangan tersendiri. Yang terbesar, yakni ketika suatu saat tren decoupage menurun popularitasnya, digantikan yang lain. Seperti batu akik, ia bisa booming dan suatu saat akan surut popularitasnya.

Pesaing juga semakin banyak. Maka, cara ia mengantisipasi tantangan tersebut, yakni dengan membuat desain yang unik, berbeda dengan yang lain. Ratri merasa beruntung memiliki teman-teman arisan IKATSEMUA. Mereka selalu memberi semangat mulai dari konsultasi desain, pengadaan bahan baku, serta pemasaran. Itulah fungsinya komunitas, yakni saling menjaga semangat.

Mantan copywriter dan advertising di sebuah perusahaan swasta tersebut juga ingin terus menjaga keberjalanan bisnisnya tetap dibarengi penjagaan passion, yakni berkreasi. Omzet yang terkumpul nantinya akan jadi modal untuk mendirikan gerai craft seperti di mal-mal. "Saya juga ada proyek bikin buku craft bersama BFF sekaligus soulmate saya, namanya Heni Purwani," ujarnya.

Ia mengamini soal tantangan terbesar seorang pengusaha, yakni menghadapi rasa bosan. Pada awal-awal bisnis memang semangat, terlebih jika sambutan konsumen antusias. "Jadi, saat ini produk saya kerjakan sesuai kemampuan tenaga, waktu, dan bahan baku yang ada dulu saja, nggak ngoyo," katanya.

Pengerjaan produk sesuai pesanan. Selebihnya, prioritas utama tetap pada keluarga. Ratri tak ingin bisnisnya berkembang maju, tapi keluarga sendiri tak tertangani.

Biodata Pengusaha:

- Nama lengkap: Ari Dianing Ratri

- Tempat tanggal lahir: Yogyakarta, 6 Oktober 1973

- Alamat lengkap: Kompleks Puri Gading, Vila Besakih H9/1 RT 05/13 Jatimelati Bekasi 17425

- Nama brand: OrchitaCRAFT

- Alamat website: orchitacraft.blogspot.com http:orchitacraft.blogspot.com, FB: Ari Dianing Ratri, IG: orchitacraft_aridianing

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement