Ahad 21 Feb 2016 17:45 WIB

Besok, 500 Sapi Tiba Lagi di Jakarta dengan Kapal Ternak

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Pedagang memotong daging sapi di Pasar Senen Jakarta Pusat. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pedagang memotong daging sapi di Pasar Senen Jakarta Pusat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Senin (22/2) besok dijadwalkan 500 sapi tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan kapal ternak. Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan, gelombang kedatangan sapi besok akan memaksimalkan upaya pemerintah menekan harga daging sapi di pasaran yang saat ini menyentuh Rp 120 ribu per ke kg.

"Besok Senin ada lagi pengiriman 500 ekor sapi tiba di Pelabuhan Tanjung Priuk menggunakan kapal ternak. Dengan cara ini kita bisa memangkas rantai pasok daging. Middle man kita kurangi perannya. Harga lebih murah," kata Amran usai melakukan operasi pasar, Ahad (22/2).

Pasokan sapi tersebut nantinya akan kembali dijual di Jakarta dengan harga Rp 85 ribu per kg. Amran juga menyebutkan, dengan harga Rp 85 ribu rupiah sudah menguntungkan pengusahanya dan dapat membantu konsumen.

"Penjualan ini akan mempengaruhi harga daging sapi yang ada saat ini di kota,  yang penting kita sudah memulai dulu," kata dia.

Daging sapi yang dijual oleh ini berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diangkut kapal ternak, Tol Laut, Camara Nusantara. Kapal ternak dirancang khusus untuk mengangkut sapi guna memenuhi kebutuhan daging sapi di Jawa.

Mentan pun menyampaikan, telah dijadwalkan pengiriman Sapi lanjutan dengan menggunakan Tol Laut yang akan dilaksanakan sekali dua pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement