Sabtu 14 Nov 2015 23:00 WIB

BI Serahkan Bantuan Fasilitas Belajar dan Air Bersih

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Warga melintas didekat logo Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).
Foto: Republika/ Wihdan
Warga melintas didekat logo Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (1/7).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bank Indonesia menyerahkan bantuan sosial berupa fasilitas belajar bernama BI Corner dan bantuan fasilitas air bersih di Yogyakarta, Sabtu (14/11).

Bantuan BI Corner diberikan kepada empat perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Total bantuan BI Corner senilai Rp 320 juta, atau Rp 80 juta per unit.

Sedangkan fasilitas bantuan air bersih diberikan kepada warga di Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. Penyerahan bantuan sosial dilakukan oleh Gubernur BI Agus Martowardojo kepada perwakilan masing-masing perguruan tinggi dan Kepala Desa Rejosari, di UGM, Sabtu pagi.

Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan, bantuan dari Bank Indonesia sangat membantu penyelenggaraan pendidikan di UGM. Dalam jangka waktu 15-20 tahun ke depan, lanjutnya, para mahasiswa UGM akan menjadi pemimpin di Indonesia. Sehingga, UGM menaikkan anggaran dua kali lipat untuk program kemahasiswaan.

"Kami mencanangkan sebagai kampus dengan social entrepreneur university, termasuk kurikulum juga sedang dibenahi," jelasnya saat sambutan di acara tersebut.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, program BI Corner dibentuk untuk meningkatkan pengetahuan dan mendukung pendidikan masyarakat Indonesia. BI Corner tersaji dalam bentuk cetak, digital, serta audio visual. BI Corner menyediakan pustaka terkini dan program-program seperti bedah buku maupun diskusi terkait ekonomi.

"Kami juga berbahagia karena bisa memberikan perhatian ke Yogyakarta, dimana kami ingin memberikan perhatian ke UGM. Program kami adalah BI Corner, ini seperti perpusatakaan, jadi nanti banyak mahasiswa bisa belajar di BI Corner," ungkap Agus.

Agus menjelaskan, saat ini Bank Indonesia telah memberikan bantuan BI Corner kepada 84 universitas di Indonesia. Ditargetkan, sepanjang 2015 terdapat 100 BI Corner yang diberikan kepada masyarakat. Jumlah itu ditargetkan meningkat menjadi 1.000 BI Corner yang diserahkan sampai tahun 2020.

Agus menambahkan, Bank Indonesia juga akan membangun taman Bank Indonesia, sehingga diharapkan menjadi lingkungan yang asri. "Kami juga membantu 2.400 masyarakat di Desa Rejosari untuk bantuan akses air bersih," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement