Kamis 23 Apr 2015 10:04 WIB

Bank Muamalat Salurkan Dana Zakat Rp 1,18 Miliar di Kalimantan Timur

Red: M Akbar
Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Muamalat Indonesia Evi Afiatin Ismail, meresmikan Panen Raya Budidaya Buah Naga dan Cabai Hibrida di Balikpapan Utara.
Foto: istimewa
Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Muamalat Indonesia Evi Afiatin Ismail, meresmikan Panen Raya Budidaya Buah Naga dan Cabai Hibrida di Balikpapan Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Muamalat Indonesia bekerjasama dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) menyalurkan zakat senilai Rp 1,18 miliar di Kalimantan Timur dari total Rp 11,89 miliar dana zakat Bank Muamalat Indonesia pada tahun buku 2013.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Muamalat Indonesia, Evi Afiatin Ismail, menjelaskan penyaluran dana zakat itu dilakukan melalui program pengembangan lingkungan dan hortikultura di daerah Kalimantan Timur.

Ia juga menambahkan dana zakat perusahaan ini selanjutnya disalurkan juga kepada masyarakat melalui serangkaian program kesehatan, pendidikan, pengembangan sosial masyarakat dan lingkungan hidup.

''Program ini merupakan ungkapan terimakasih Bank Muamalat Indonesia kepada masyarakat dan lingkungan hidup atas dukungan dalam berkontribusi pada kemajuan Bank Muamalat Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari orientasi kami untuk memajukan lingkungan hidup,'' kata Evi dalam keterangan tertulis yang diterima ROL di Jakarta, Kamis (23/4).

Evi menjelaskan dana zakat ini ditujukan juga untuk menghasilkan program optimalisasi pertanian yang diimplementasikan di Balikpapan. Bentuknya, kata dia, melalui budidaya buah naga sebanyak 6 ribu pohon, nanas simadu sejumlah 15 ribu pohon dan cabai besar hibrida di atas lahan seluas 10 hektare.

''Selanjutnya kami berharap pengawasan dari semua pihak agar program yang baik ini terus berjalan dan berkembang. Kami berharap bisa memberi lebih banyak lagi kepada bangsa ini dan kepada masyarakatnya,'' ujarnya.

Total dana zakat yang dialokasikan berasal dari laba bersih setelah pajak Bank Muamalat Indonesia tahun buku 2013 atau sebesar 2,5 persen dari laba bersih, yaitu sejumlah Rp 11,89 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement