Rabu 16 Jul 2014 00:41 WIB

Industri Mebel Indonesia Kalah Bersaing dengan Vietnam dan Malaysia

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Nidia Zuraya
Produk mebel menjadi andalan ekspor Indonesia.
Produk mebel menjadi andalan ekspor Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri mebel dan kerajinan di Indonesia memiliki potensi untuk tumbuh lebih besar di masa datang. Hal ini lantaran ditopang oleh bahan baku yang melimpah, tenaga terampil yang memadai, serta desain produk yang tidak kalah jika dibandingkan dengan mebel dari negara-negara lain.

Sayangnya, kemampuan ekspor Indonesia di sektor ini ternyata masih belum lagi mampu unjuk gigi dalam pentas persaingan global. Menurut data dari UN Comtrade , nilai ekspor mebel Indonesia pada 2013 lalu hanya sebesar 1,8 miliar dolar AS atau menempati posisi ke-18 dunia. Angka tersebut masih relatif kecil jika dibandingkan dengan kinerja ekspor mebel beberapa negara eksportir mebel dunia.

Saat ini, Cina masih bertengger di urutan teratas dalam daftar negara eksportir mebel dunia dengan nilai ekspor lebih dari 52 miliar dolar AS. Vietnam berada di posisi ketujuh dunia dengan nilai ekspor mebel 5,3 miliar dolar AS. Padahal, 10 tahun lalu nilainya hanya 20 juta dolar AS. Sementara, Malaysia kini berada di urutan kesebelas dengan nilai ekspor 2,3 miliar dolar AS. 

"Vietnam dan Malaysia yang tidak memiliki bahan baku dan tenaga kerja sebanyak Indonesia, malah menempati posisi di atas Indonesia. Ini tentu ironis," ujar Ketua Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI), Sunoto, dalam peluncuran Indonesia International Furniture Expo 2015 di Gedung Kementerian Perdagangan RI, Jakarta, Selasa (15/7).

Menurutnya, fakta di atas harus menjadi catatan penting bagi para stakeholder di negeri ini, mengingat potensi industri mebel Indonesia untuk tumbuh sangat besar. Upaya berbagai pihak untuk membenahi dan memperbaiki kondisi di sektor industri mebel dan kerajinan nasional diperlukan guna membangun pertumbuhan yang optimal. Kendati masih kalah bersaing dibandingkan Malaysia dan Vietnam, kata Sunoto, AMKRI tetap merasa optimistis industri mebel Indonesia bakal terus mengalami pertumbuhan positif.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto mengatakan, meskipun Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun negara ini pada kenyataannya masih juga impor bahan baku furniture dari luar negeri. "Ini seharusnya tidak boleh terjadi. Jika dilihat dari rasio luas wilayah, nilai ekpor mebel Indonesia seharusnya bisa sepuluh kali lipat dari Malaysia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement