Jumat 28 Mar 2014 18:02 WIB

Menkop Yakin Pemilu Gairahkan Sektor Koperasi UKM

Pameran hasi industri UKM di Jakart (ilustrasi).
Foto: Antara/Aldino Anatusa
Pameran hasi industri UKM di Jakart (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan meyakini proses Pemilihan Umum 2014 menggairahkan sektor Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) mengingat sebagian besar pemasok dan pembuat alat peraga pemilu adalah sektor tersebut.

"Dari laporan pelaku KUKM di lapangan, adanya order alat peraga pemilu membuat omzet mereka naik," kata Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Jumat (28/3).

Hal itu membuat pihaknya yakin KUKM akan menjadi salah satu sektor yang tumbuh bahkan diperkirakan mencapai 4,5 hingga 5 persen dari rata-rata nasional dibandingkan tahun lalu. KUKM yang kebanjiran pesanan di antaranya mereka yang bergerak di bidang jasa percetakan, konveksi, hingga jasa pemasangan iklan. "Belanja dan komsumsi jelas akan meningkat sehingga perputaran uang akan lebih dinamis khususnya pada sektor KUKM," katanya.

Menurut dia, kesempatan untuk mendapatkan laba lebih besar saat momen pemilu mengingat banyak pihak dengan berbagai kepentingan membelanjakan dananya. Menteri mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu yang aman agar perekonomian di Tanah Air tetap kondusif bagi dunia usaha. Sebab pemilu yang aman dan sukses justru akan semakin menggairahkan dunia usaha dan meningkatkan investasi di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement